4 Pemain Pemegang Rekor 'Tua' di Euro (Piala Eropa)

inilah 4 Pemain Pemegang Rekor 'Tua' di Euro

Lothar Matthaues adalah pemain paling tua yang pernah bermain di Piala Eropa, dan Ivica Vastic pemain paling gaek yang pernah mencetak gol di turnamen tersebut.

Berikut ini empat pemain paling tua yang tercatat buku rekor Piala Eropa, sebagaimana dikutip dari situs resmi turnamen:


Arnold Muehren (Belanda)
Dia adalah pemain tertua yang menyandang predikat juara Eropa. Gelandang Belanda itu tampil di final 1988 di Munich, melawan Uni Soviet, dalam usia 37 tahun 23 hari.

Selalu tampil sebagai starter di tiga pertandingan babak grup dan semifinal, Muehren adalah pemberi umpan pada Marco van Basten, yang kemudian mencetak gol voli spektakuler di menit 54 -- gol kedua di pertandingan itu, setelah Ruud Gullit di menit 32. Gol Van Basten itu, dari assist Muehren, telah disepakati sebagai salah satu gol terhebat yang pernah tercipta di sebuah pertandingan sepakbola.

Kala itu Muehren tercatat sebagai pemain Ajax Amsterdam -- pensiun di klub itu setahun setelah memenangi Piala Eropa 1988. Sebelumnya ia pernah bermain di Inggris bersama Ipswich Town (1978-1982) dan Manchester United (1982-1985). Klub lain yang pernah ia perkuat adalah Volendam, Ajax dan FC Twente di tahun 70-an.

Lothar Matthaeus (Jerman)
Di Piala Eropa 2000 Jerman hanya bermain tiga kali dan tersingkir sebagai juru kunci Grup A. Lothar Matthaues, kapten tim saat menjuarai Piala Dunia 1990, selalu dimainkan sebagai starter di tiga pertandingan tersebut oleh pelatih Erich Ribbeck.

Di partai ketiganya melawan Portugal pada 20 Juni 2000, Matthaeus dimainkan sebagai sweeper dan usianya saat itu 39 tahun 91 hari. Dia memecahkan rekor pemain paling tua yang pernah main di Piala Eropa, mematahkan Morten Olsen (Denmark), yang berumur 38 tahun 308 hari ketika tampil di Euro 1988.

Selain rekor tertua itu, dari pertandingan itu Matthaeus mendapatkan 150 cap, dan habis itu dia pensiun.

Jens Lehmann (Jerman)
Mantan kiper nomor satu Jerman itu masih menyandang rekor sebagai pemain tertua yang pernah tampil di partai final Piala Eropa. Ketika timnya kalah 0-1 dari Spanyol di final edisi 2008 di Wina, Austria, dia adalah penjaga gawang Der Panzer, dalam usia 38 tahun 232 hari.

Lehmann datang ke turnamen itu dengan sebuah rekor lain, yaitu paling lama tidak kebobolan dalam sejarah timnas Jerman, selama 681 menit. Mantan pemain Schalke, Milan, Borussia Dortmund, dan Stuttgart itu membuatnya saat Jerman berujicoba melawan Swiss pada 26 Maret 2008.


Ivica Vastic (Austria)
Dalam usia 38 tahun 257 hari, Vastic merupakan pemain paling tua yang pernah mencetak gol di sebuah pertandingan putaran final Piala Eropa. Ia membuatnya ketika negaranya, Austria, bertanding melawan Polandia di babak grup Euro 2008.

Baru turun ke lapangan sejak menit ke-64, Vastic menjadi pahlawan Austria -- kala itu menjadi tuan rumah bersama Swiss. Di masa kritis, menit ketiga injury time, ia dengan dingin berhasil menunaikan tugasnya sebagai algojo tendangan penalti, dan golnya itu menjadikan pertandingan berakhir imbang 1-1.

Gol itu pula satu-satunya yang dibuat Austria di turnamen itu, yang juga merupakan Piala Eropa pertama yang diikuti negara tersebut. Itulah gol internasional terakhir Vastic, yang ke-14 dari 50 caps.

Ketika membuat rekor tersebut, ia memperbarui rekor sebelumnya atas nama Nene dari Portugal, yang berumur 38 tahun 257 hari saat mencetak gol di Euro 1984.

Title : 4 Pemain Pemegang Rekor 'Tua' di Euro (Piala Eropa)
Description : inilah 4 Pemain Pemegang Rekor 'Tua' di Euro Lothar Matthaues adalah pemain paling tua yang pernah bermain di Piala Eropa, da...

0 Response to "4 Pemain Pemegang Rekor 'Tua' di Euro (Piala Eropa)"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email