9 Nov 2012

RPP Pertumbuhan dan perkembangan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 1, 2,  dan 3
Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi      :     1.            Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar         : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan                           :     1.            Siswa mampu memahami konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
                                       2.   Siswa mampu menyusun rencana penelitian  pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·         Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·         Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan
·         Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan
·         Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·         Menyusun unit-unit penelitian
·         Membuat tabel pengamatan
·         Menyusun rencana penelitian tertulis

II.                Materi Ajar
·   Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·   Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1.      faktor internal
2.      faktor eksternal
·   Menyusun rencana penelitian

III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan –  Presentasi

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 1 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan bakal buah.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan sekunder pada tumbuhan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam (internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
·         Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.

Pertemuan 2 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah dengan menggunakan Kegiatan 1.1.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
·         Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
·         Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana penelitian.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
·         Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 3 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk presentasi.
·         Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan presentasi.
·         Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran, dan usulan.
·         Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.

V.                 Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Riandari Henrry
·    Alat bantu presentasi

VI.              Penilaian
·    Tugas kelompok penyusunan proposal
·    Presentasi proposal penelitian
·    Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : -
Alokasi Waktu            : 0 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar      :  1.2    Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan                           :        Siswa mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan, mencatat hasil, dan menyusun laporan

 ====================================================================                                             

I.                   Indikator
·         Menyiapkan alat dan bahan
·         Memberikan perlakuan
·         Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·         Menganalisis data hasil pengamatan
·         Menyimpulkan hasil penelitian
·         Menyusun laporan tertulis hasil penelitian

II.                Materi Ajar
·         Membuat unit-unit penelitian
·         Memberi perlakuan
·         Mengukur kecepatan pertumbuhan
·         Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·         Mengolah data hasil pengamatan
·         Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·         Melaporkan hasil penelitian

III.             Metode Pembelajaran
Eksperimen

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran
Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD selanjutnya.

V.                 Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
·    Tugas laporan hasil penelitian




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 4 dan 5
Alokasi Waktu            : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 1.  Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar      : 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan                        :  Siswa dapat mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·   Mempresentasikan hasil penelitian secara lisan

II.    Materi Ajar
·   Tehnik presentasi

III. Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 4 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
·         Guru mengatur urutan presentasi tiap kelompok.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa lain yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.

Pertemuan 5 (2 X 45 menit)

A.     Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai dengan urutan yang sudah disepakati.

B.     Kegiatan inti (75 menit)
·         Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya. Siswa yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru memberikan kesimpulan akhir presentasi.

V.     Alat / Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
·    Alat bantu presentasi

VI.  Penilaian
·    Presentasi














































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 6 dan 7
Alokasi Waktu            :  4 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 2.   Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar      :  2.1    Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan                       : 1.   Siswa mampu menjelaskan struktur enzim dan fungsinya dalam reaksi metabolisme
                                             2.            Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim dengan eksperimen

 =====================================================================                                              

I.       Indikator
·         Mendeskripsikan struktur enzim
·         Menguji kerja enzim dengan enzim
·         Menyimpulkan prinsip kerja enzim

II.    Materi Ajar
·         Struktur enzim
·         Prinsip kerja enzim

III. Metode Pembelajaran
      Eksperimen - Dikusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

      Pertemuan 6 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan energi.
·         Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
·         Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi metabolisme.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa  bersama guru mendiskusikan struktur enzim.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai biokatalisator.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.

C.     Kegiatan akhir (15 menit)
·         Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
·         Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada pertemuan, berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati untuk kegiatan praktikum.




      Pertemuan 7 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan menggunakan Kegiatan 2.1.
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
·         Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab pertanyaan untuk diskusi.
·         Siswa menyusun laporan hasil praktikum.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
·         Siswa mengumpulkan laporan.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
·    Laporan hasil praktikum
·    Uji kompetensi tertulis


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 8 , 9, 10 , 11, dan 12
Alokasi Waktu            : 10 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 2.   Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar      :  2.2    Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat
Tujuan                           :        Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat

 ======================================================================                                            

I.    Indikator
·        Mendefinisikan pengertian metabolisme
·        Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
·        Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
·        Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan
·        Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
·        Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis

II.  Materi Ajar
·         Proses respirasi
·         Tahap-tahap reaksi respirasi
·         Proses fotosintesis
·         Tahap-tahap reaksi fotosintesis

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen-Penugasan

VI.  Langkah-Langkah Pembelajaran

      Pertemuan 8 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi katabolisme.
·         Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya proses respirasi.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi manusia.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru menjelaskan reaksi umum respirasi.
·         Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara membuktikan reaksi respirasi.
·         Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil diskusi kelompok.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi.
·         Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·         Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi respirasi.

      Pertemuan 9 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan reaksi tunggal, tetapi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Dengan menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi glikolisis.
·         Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
·         Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat berlangsungnya.
·         Dengan menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan proses transpor elektron dan hasilnya.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila yang masuk dalam reaksi fotosintesis adalah glukosa.

Pertemuan 10 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
·         Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan anaerob.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara respirasi anaerob dan fermentasi.

B.     Kegiatan inti (50 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi fermentasi.
·         Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam fermentasi.

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.

Pertemuan 11 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun Geranium  sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya.
·         Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan eksperimen.

B.     Kegiatan inti (40 menit)
·         Siswa melakukan kegiatan pengujian daun Geranium dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
·         Siswa mencatat hasil pengamatan.
C.     Kegiatan akhir (40 menit)
·         Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.

Pertemuan 12 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi  fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh reaksi anabolisme.
·         Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya matahari  dalam reaksi terang fotosintesis dan hasilnya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
·         Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses metabolisme dengan Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas maupun menggunakan power point.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·    Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·    Laporan hasil praktikum
·    Uji kompetensi tertulis
·    Bagan proses metabolisme

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 13
Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi  : Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar     :  2.3    Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
Tujuan                       : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein

 =======================================================================                                              

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

II.    Materi Ajar
·        Proses katabolisme lemak
·        Proses katabolisme protein
·        Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat

III. Metode Pembelajaran
Diskusi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 13 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan protein juga.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Dengan menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak

C.     Kegiatan akhir (20 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
·         Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·         Buku kerja siswa 1IIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 14, 15, dan 16
Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar     :  3.1    Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Tujuan                           :        Siswa mampu membedakan dan menjelaskan tentang gen, DNA, dan kromosom

 =======================================================================                                             

I.       Indikator
·         Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
·         Mendeskripsikan struktur DNA
·         Mendeskripsikan proses replikasi DNA
·         Mendeskripsikan struktur RNA
·         Membedakan DNA dan RNA

II.    Materi Ajar
·         Struktur sel dan  kromosom
·         Hubungan kromosom, gen, dan DNA
·         Struktur DNA
·         Replikasi DNA

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV.  Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan 14 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
·         Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan 3.1.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA.

Pertemuan 15 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
·        Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA (misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X molekul DNA).

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
·         Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan chargaf dan foto sinar X DNA bagi penemuan struktur tiga dimensi  DNA oleh Watson dan Crick.
·         Dengan menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA, siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan Crick.
·         Dengan menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses Replikasi DNA

Pertemuan 16 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal
·        Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi genetika.
·        Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.

B.     Kegiatan inti
·         Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan fungsinya.

C.     Kegiatan akhir
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·         Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.        Penilaian
·    Uji kompetensi tertulis












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 17
Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 3.  Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar     :  3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein
Tujuan                        : Siswa mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses sintesis protein

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·        Menjelaskan kode genetik (Kodon)
·        Mendeskripsikan proses sintesis protein

II.    Materi Ajar
·        Kode genetik
·        Sintesis protein

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

      Pertemuan I7 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
·         Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat dalam DNA dan RNA.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·        Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan sifat fenotip.
·        Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode genetik (Kodon).
·        Dengan menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa mendiskusikan proses sintesis protein.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA, kode genetik, dan sintesis protein.

V.     Alat / Bahan/ Sumber
·        Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
·        Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 18, 19, dan 20
Alokasi Waktu            : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi      :     3.            Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar         :     3.3          Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat

Tujuan                        : 1.   Siswa mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta keterkaitannya dengan pewarisan sifat
                                       2.   Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis

 =======================================================================                                             

I.       Indikator
·        Menggambar siklus sel
·        Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah
·        Mengamati pembelahan sel
·        Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
·        Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis

II.    Materi Ajar
·         Siklus sel
·         Mitosis
·         Meiosis
·         Gemetogenesis

III. Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 18 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
·         Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan dan pembelahan sel.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis, mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
·         Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
·         Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
·         Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.

Pertemuan 19 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan mitosis.
·         Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis).

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
·         Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
·         Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang teramati.
·         Siswa menggambar hasil pengamatan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1.
·         Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.

Pertemuan 20 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·         Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis dilihat dari proses dan hasilnya.
·         Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase meiosis I.
·         Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya sama dengan mitosis.

B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
·         Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
·         Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
·         Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada gametogenesis tumbuhan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan hasilnya.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis     
·         Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 21, 22, 23, dan 24
Alokasi Waktu            : 8 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar      : 3.4    Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Tujuan                        : Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·        Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
·        Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
·        Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
·        Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia

II.    Materi Ajar
·         Hukum Mendel
·         Pola-pola hereditas
·         Genetika manusia

III. Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

IV.  Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 21 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
·         Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
·         Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat.

Pertemuan 22 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
·         Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
·         Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model  perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·         Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
·         Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
·         Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
·         Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
·         Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.

Pertemuan 23 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
·        Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
·        Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.

B.     Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan  yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.

C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat.

Pertemuan 24 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
·         Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
·         Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
·         Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.

C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
·         Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
·    Laporan hasil kegiatan
·    Uji kompetensi tertulis



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 25 dan 26
Alokasi Waktu            : 4 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 3.4    Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Tujuan                           :              Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi

 ======================================================================                                             

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan pengertian mutasi
·        Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
·        Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
·        Mengubungkan mutasi dan evolusi

II.  Materi Ajar
·        Pengertian mutasi
·        Macam-macam mutasi:
1.   Mutasi gen
2.   Mutasi kromosom

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi- Penugasan-Simulasi model

IV. Langkah-Langkah pembelajaran

   Pertemuan 25 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·         Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
·         Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
·         Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok.
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
·         Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.

   Pertemuan 26 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
·         Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.

B.   Kegiatan inti (75 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
·         Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3  atau diskusi Salingtemas.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·    Ujian kompetensi tertulis
·    Tugas kertas kerja















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 27
Alokasi Waktu            : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 4.1    Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan                        : Siswa memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi

 ======================================================================                                            

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul kehidupan
·        Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin

II.  Materi Ajar
·        Hipotesis asal usul kehidupan
·        Teori evolusi Darwin

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

   Pertemuan 27 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·        Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman makhluk hidup.

B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis sebagai asal-usul kehidupan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·         Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime terbentuknya keanekaragaman.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan evolusi Pra-Darwin.
·         Siswa mendiskusikan mekanisme  evolusi menurut Darwin.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V. Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
      ·    Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 28 dan 29
Alokasi Waktu            : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi  : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 4.2    Mengkomunikaskan hasil studi evolusi biologi
Tujuan                           :              Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi

 ===================================================================                                           

I.       Indikator
·        Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·        Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori evolusi biologi dan kimia
·        Menerapkan hukum Handy-Weinberg

II.    Materi Ajar
·        Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·        Teori evolusi biologi dan kimia
·        Hukum Hardi-Weinberg

III. Metode pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

   Pertemuan 28 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan bahwa teori evolusi.  Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta yang mendukung teori tersebut.
·        Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang mendukung  teori evolusi, misalnya adanya variasi, adanya fosil.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ, struktur DNA, homologi embrio.
·         Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam akan terjadi proses spesiasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa evolusi terjadi.



   Pertemuan 29 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara invidual tetapi terjadi dalam populasi.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa dapat diajak menonton VCD  prokontra evolusi Harun Yahya).

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI.  Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 30
Alokasi Waktu            : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 4.   Memahami teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar     : 4.3    Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Tujuan                           :              Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi

 ====================================================================                                            

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·        Menjelaskan teori evolusi netral

II.  Materi Ajar
·        Mutasi DNA dan dampaknya
·        Teori evolusi netral
·        Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi -Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

   Pertemuan 30 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.

B.   Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada mekanisme seleksi alam menurut teori darwin.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
·         Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian dari Tabel 7.2.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang asal-usul kehidupan.
·         Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
·         Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks, internet, majalah dll)

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 31, 32, 33
Alokasi Waktu            : 6 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 5.   Memahami prinsip-prinsip dasar boteknologi  serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 5.1 Menjelaskan arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Tujuan                           :              Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi

 =======================================================================                                             

I.       Indikator
·        Menjelaskan pengertian bioteknologi
·        Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·        Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·        Membuat produk bioteknologi tradisional
·        Mengekstraksi DNA

II.    Materi Ajar
·        Pengertian bioteknologi
·        Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·        Rekayasa genetika  

III. Metode pembelajaran
      Diskusi-Eksperimen

IV. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 31 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.
      ·    Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi  

B.     Kegiatan awal (70 menit)
·          Siswa dan guru mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
·         Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya bagi perkembangan bioteknologi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.

C.     Kegiatan inti (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern.
·         Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

Pertemuan 32 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.

B.   Kegiatan inti (50 menit)
·         Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk bibit yang sudah dibuat.
·         Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
·         Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.

C.   Kegiatan akhir (30 menit)
·         Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat yang sudah ditentukan.
·         Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
·         Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.

Pertemuan 33 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (10 menit)
      ·    Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
      ·    Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.

B.   Kegiatan inti (70 menit)
      ·    Siswa melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa mengamati hasil eksperimen.
      ·    Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.
      ·    Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
      ·    Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan.
      ·    Siswa mengumpulkan laporan hasil.

V.  Alat/bahan/sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis     
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
            ·    Uji kompetensi tertulis
            ·    Laporan hasil kegiatan












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan                  : 34
Alokasi Waktu            : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 5.   Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
Tujuan                           :              Siswa mempu menjelaskan peran dan hasil-hasil bioteknologi

 =======================================================================                                            

I.    Indikator
·        Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika dan dampaknya
·        Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika

II.    Materi Ajar
·        Tanaman transgenik dan dampaknya

III. Metode Pembelajaran
      Diskusi-Penugasan

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 31 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (15 menit)
      ·    Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
      ·    Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas.           

B.     Kegiatan iinti (60 menit)
·          Siswa membaca dan berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok.
·         Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam laporan hasil diskusi.
·         Siswa mengumpulkan diskusi.

C.     Kegiatan akhir (15 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang tanaman transgenik.
·         Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·    Buku  Biologi kelas XII, Dyah Aryulina, Esis     
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·         Laporan diskusi Salingtemas
·         Tugas fiksi ilmiah

Related Post:

Comments
0 Comments

Komentari untuk artikel "RPP Pertumbuhan dan perkembangan"

Post a Comment

 
 
All Right Reserved - 2010-2014 ScienceAndri
Design by SEO XT | Powered By Blogger.com