Materi filum molusca

Filum Mollusca

Hewan yang termasuk filum Mollusca ini adalah : siput, cumi-cumi dan sebagainya. yang prinsip tubuhnya bilateral simetris tak beruas-ruas mempunyai cangkok dari CaCO3. tubuh kerang, kepah dan siput biasanya tersimpan di dalam cangkok sehingga tak nampak dari luar. bila keadaan aman tubuh di julurkan keluar dan yang tampak pertama kali adalah kakinya, dan kaki tersebut untuk berjalan dan berenang. antara tubuh dan cangkok terdapat suatu bungkus yang di sebut mantel.biasanya anus terbuka pada rongga tersebut. tubuh cumi-cumi tidak tersimpan dalam cangkok ; cangkok terdapat di dalam tubuh sebagai penguat. mantel pembungkus alat-alat jerohan (viceral). molusca berdasarkan simetri, kaki, cangkang, mantel, insang dan system sarafnya terbagi atas 5 kelas yaitu :

kelas Amphineura, cantoh Chiton, tubuhnya bilateral simetris, cangkang terdiri dari 8 kepingan kapur   yang mempunyai banyak serabut-serabut ingsang yang berlapis-lapis.

kelas Gastrpoda, : siput, bekicot, dan lain-lain.

kelas Caphopoda, cangkang seperti kerucut atau tanduk. ujung cangkang berlubang dan bermantel.

kelas Cephalopoda, contoh : cumi-cumi, gurita, nautilus dan sebagainya. tubuhnya bilateral, kakinya berubah menjadi lengan yang beralat penghisap. system saraf berkembang di pusatkan di kepala.

kelas Pelecypoda, contoh : kerang, tiram kepah, remis dan sebagainya.tubuhnya bilateral simetris. cangkang terdiri atas dua bagian yang di hubungkan oleh engsel dan mantel juga terbagi atas dua bagian.

Title : Materi filum molusca
Description : Filum Mollusca Hewan yang termasuk filum Mollusca ini adalah : siput, cumi-cumi dan sebagainya. yang prinsip tubuhnya bilateral simetri...

0 Response to "Materi filum molusca"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email