klasifikasi Jarak pagar (Jatropha curcas)

Herlina Pomanto. 2013. klasifikasi Jarak pagar (Jatropha curcas) merupakan perdu, sistem perakaran yaitu akar tunggang putih kotor, memiliki batang berkayu, bulat, bercabang, bergetah, arah tumbuh batang tegak, bentuk batang bulat silindris, percabangannya tidak teratur, dengan ranting bulat dan tebal, permukaan batang kasar berwarna keabu-abuan, atau kemerah-merahan. Tipe daun yaitu daun tunggal, tersebar, bekas daun tampak jelas, bertoreh, helaian daun berbentuk bulat telur dengan pangkal berbentuk jantung, pertulangan daun menjari, warna helaian daun muda dan daun tua berwarna hijau.
 

Hasil identifikasi mengacu pada kunci determinasi (Cullen, 2006) dimana Jarak pagar merupakan family Euphorbiaceae dengan karakteristik yaitu 1a : kotiledon biasanya 2, daun tanpa stipula, berlawanan, sistem akar primer (akar tunggang), bercabang (dicotyledons). 2a : perianth terdiri dari 2 atau lebih jarang tersusun melingkar, biasanya yang tersusun melingkar bagian terluar kelopak dan mahkota dan bagian dalam seperti posisi, warna, ukuran, tekstur, bentuk. 3b : ovarium lebih inferior. 5a : corolla terdiri dari petal yang terletak pada pangkal, melekat secara individual pada lingkaran yang terbentuk dari filamen. 6b : ovarium terdiri dari 2 atau membentuk karpel yang bersatu. 7b : benang sari dua kali lebih banyak dari petals. 8b : plasentasi axile, apikal, basal atau dasar. 9a :   daun berlawanan. 1b : plasentasi axile, basal atau apikal, ovarium terdiri dari sel tunggal atau 2 atau banyak sel. 4b : benang sari tidak terletak sama dengan petals.  11b : kepala sari membuka secara membujur. 19b : corolla actinomorfik. 25b :  sepal, petals dan benang sari hypogynous. 30b : Petal dan benang sari kurang dari 8. 33b. Daun tanpa kelenjar. 34a : Getah biasanya seperti susu, bunga berkelamin tunggal.
Berdasarkan uraian di atas, kedudukan tumbuhan Jarak pagar dalam urutan taksonomi adalah sebagai berikut :
Regnum           : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Euphorbiales
Famili              : Euphorbiaceae
Genus              : Jatropha
Spesies            : Jatropha curcas

Selanjutnya berdasarkan hasil wawancara dengan batra (pengobat tradisional), tumbuhan Bindalo dimanfaatkan oleh masyarakat Anggrek sebagai obat panas pada anak, mencret dan sariawan. Adapun cara penyajian dan pemakaiannya adalah sebagai berikut:
a.    Panas pada anak
Bagian tumbuhan yang digunakan adalah daun, sebanyak 3 helai kemudian diremas dan ditambahkan minyak kelapa setelah itu digosokkan di ubun-ubun, selain itu dapat juga ditambahkan dengan  2 helai daun bawang cina kemudian dioleskan di ubun-ubun anak. Dosis pemakaiannya 3 x sehari selama 3 hari.
b.   Mencret
Bagian tumbuhan yang digunakan adalah daun, sebanyak 3 helai dicuci kemudian ditumbuk setelah itu diperas dan disaring lalu diminum. Dosis pemakaiannya 2 x sehari sampai sembuh.
c.     Sariawan
Bagian tumbuhan yang digunakan adalah getah, kemudian dioleskan pada sariawan. Dosis pemakaiannya 1 x sehari setiap pagi.


Title : klasifikasi Jarak pagar (Jatropha curcas)
Description : Herlina Pomanto. 2013.  klasifikasi  Jarak pagar ( Jatropha curcas ) merupakan perdu , s istem perakaran yaitu akar tunggang putih koto...

0 Response to "klasifikasi Jarak pagar (Jatropha curcas)"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email