RPP kelangsungan hidup makhluk hidup

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMPN 1 Gorontalo
Kelas / Semester               : IX (Sembilan)/Semester I
Mata Pelajaran                   : IPA(Biologi)
Alokasi Waktu                    : 6 X 40 menit

Standar Kompetensi         : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.

Kompetensi Dasar             : 2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan sifat dan penerapannya.

Tujuan Pembelajaran       : Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan alasan Mendel menggunakan tumbuhan ercis untuk penelitiannya;
2.      Membuat diagram persilangan monohibrid dan dihibrid.
3.     Mengemukakan keuntungan mengembangbiakkan tumbuhan dan hewan dengan memperhatikan sifat unggul.

Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran :
-          Persilangan monohibrid.
-          Persilangan dihibrid.

Metode Pembelajaran :
-          Ceramah
-          Diskusi
Model Pembelajaran :
-          Problem Based Learning

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.      Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi :
-          Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan :
1.      Pernahkah kamu melihat sifat jenis bunga yang mempunyai beraneka warna ?
2.      Bagaimanakah jika tanaman  dengan bunga warna merah dikawinkan  dengan bunga warna putih ?

Prasyarat pengetahuan
-          Pengertian hybrid/sifat beda, hibridisasi, monohibrida, dihibrida.


Pra-eksprimen :
-          Teliti dan cermat dalam penghitungan kancing genetika
-
b.      Kegiatan Inti
§  Ekplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan Hipotesis Mendel
F Memberikan informasi tentang persilangan monohibrida
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di dalam kelas.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Membagikan LKS pada masing-masing kelompok untuk didiskusikan
F Meminta siswa melakukan persilangan tananan dengan satu sifat beda.
F Membantu siswa dalam melakukan percobaan mengenai persilangan monohibrid
F Mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dalam pelaksanaan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
       Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat kesimpulan  pelajaran;


Pertemuan Ke-2
a.       Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi
-          Apakah persilangan monohibrid sama dengan persilangan dihibrid ?
Prasyarat pengetahuan
-          Dari hasil persilangan monohibrid diperoleh perbandingan genotif dan fenotif yang berbeda.
-

b.      Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di dalam kelas.

§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F Meminta siswa membuat bagan yang menunjukkan perbedaan antara persilangan monohibrid dan dihibrid.
F Meminta siswa menunjukkan diagram Punnet persilangan dihibrid.
F Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Membagikan LKS pada masing-masing kelompok untuk didiskusikan
F Meminta siswa melakukan persilangan tananan dengan dua sifat beda.
F Membantu siswa dalam melakukan percobaan mengenai persilangan monohibrid
F Mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dalam pelaksanaan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
F Meminta siswa menunjukkan keuntungan yang diperoleh dari persilangan sifat dua organisme.
F Meminta siswa membuktikan bahwa persilangan dari sifat organisme dapat menghasilkan bibit unggul.
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
       Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat kesimpulan  pelajaran;
Title : RPP kelangsungan hidup makhluk hidup
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                                 : SMPN 1 Gorontalo Kelas / Semester                :...

0 Response to "RPP kelangsungan hidup makhluk hidup"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email