RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN 1 Gorontalo
Kelas / Semester : IX (Sembilan)/Semester I
Mata Pelajaran : IPA(Biologi)
Alokasi Waktu : 6 X 40 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan sifat dan penerapannya.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan alasan Mendel menggunakan tumbuhan ercis untuk penelitiannya;
2. Membuat diagram persilangan monohibrid dan dihibrid.
3. Mengemukakan keuntungan mengembangbiakkan tumbuhan dan hewan dengan memperhatikan sifat unggul.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran :
- Persilangan monohibrid.
- Persilangan dihibrid.
Metode Pembelajaran :
- Ceramah
- Diskusi
Model Pembelajaran :
- Problem Based Learning
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi :
- Guru memberi apersepsi dengan pertanyaan :
1. Pernahkah kamu melihat sifat jenis bunga yang mempunyai beraneka warna ?
2. Bagaimanakah jika tanaman dengan bunga warna merah dikawinkan dengan bunga warna putih ?
Prasyarat pengetahuan
- Pengertian hybrid/sifat beda, hibridisasi, monohibrida, dihibrida.
Pra-eksprimen :
- Teliti dan cermat dalam penghitungan kancing genetika
-
b. Kegiatan Inti
§ Ekplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan Hipotesis Mendel
F Memberikan informasi tentang persilangan monohibrida
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di dalam kelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Membagikan LKS pada masing-masing kelompok untuk didiskusikan
F Meminta siswa melakukan persilangan tananan dengan satu sifat beda.
F Membantu siswa dalam melakukan percobaan mengenai persilangan monohibrid
F Mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dalam pelaksanaan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat kesimpulan pelajaran;
Pertemuan Ke-2
a. Kegiatan Pendahuluan
Motivasi dan apersepsi
- Apakah persilangan monohibrid sama dengan persilangan dihibrid ?
Prasyarat pengetahuan
- Dari hasil persilangan monohibrid diperoleh perbandingan genotif dan fenotif yang berbeda.
-
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di dalam kelas.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F Meminta siswa membuat bagan yang menunjukkan perbedaan antara persilangan monohibrid dan dihibrid.
F Meminta siswa menunjukkan diagram Punnet persilangan dihibrid.
F Membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Membagikan LKS pada masing-masing kelompok untuk didiskusikan
F Meminta siswa melakukan persilangan tananan dengan dua sifat beda.
F Membantu siswa dalam melakukan percobaan mengenai persilangan monohibrid
F Mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai dalam pelaksanaan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
F Meminta siswa menunjukkan keuntungan yang diperoleh dari persilangan sifat dua organisme.
F Meminta siswa membuktikan bahwa persilangan dari sifat organisme dapat menghasilkan bibit unggul.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat kesimpulan pelajaran;
Title : RPP kelangsungan hidup makhluk hidup
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMPN 1 Gorontalo Kelas / Semester :...
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMPN 1 Gorontalo Kelas / Semester :...
0 Response to "RPP kelangsungan hidup makhluk hidup"
Post a Comment
Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda