Fakta sejarah unik yang mencengangkan

Fakta sejarah unik yang mencengangkan - fakta sejarah yang tak pernah kita dapat ketika di bangku sekolah dulu, mungkin karena sesuatu hal fakta-fakta tersebut seperti sengaja di tutupi atau bahkan masih menjadi perdebatan. Inilah 7 Fakta Sejarah yang mengejutkan yang harus kita tahu. Berikut infonya :

1. Fakta Karl Marx dan Amerika


Fakta sejarah unik yang mencengangkan Amerika Serikat terkenal sebagai negara yang paling anti dengan komunisme. Sepanjang abad 20 negara adidaya ini menjadi penentang nomor satu terhadap komunisme, jadi tak heran terjadi perang dingin dengan Uni Soviet. Ironisnya, selama masa perang Karl Marx dan Frederick Engels menyumbang puluhan artikel di harian New York Tribune. Isu yang diangkat adalah soal politik dan militer. Lebih Lucunya lagi, Engels bahkan jadi penasihat strategi militer Presiden Lincoln, terutama saat terjadi perang dengan pihak konfederasi pimpinan Jefferson Davis. Di masa itu, Karl Mark banyak menyumbang pikiran soal pembangunan ekonomi bangsa. Hmmm, memang aneh politik ini.

2. Napoleon Bonaparte sebenarnya Bertubuh Tinggi
 
Fakta sejarah unik yang mencengangkan


Pada saat kematian Napoleon Bonaparte pada 5 Mei 1821, dr. François Carlo Antommarchi mengeluarkan surat otopsi. Di dalam surat tersebut dinyatakan bahwa tinggi François Carlo Antommarchi 5 kaki 2 inci atau sekitar 157 cm. Surat otopsi dari Antommarchi terkait ukuran tinggi tubuh dihitung dalam ukuran internasional. Tetapi hal tersebut dibantah oleh Jean-Nicolas Corvisart yang merupakan dokter utama Napoleon Bonaparte sejak tahun 1804 sampai dipengasingan 1815 mengatakan bahwa tinggi Napoleon Bonaparte sebenarnya adalah 5 kaki 2 inci berdasarkan pengukuran Perancis atau sekitar 5 kaki 6 inci dalam ukuran Inggris. Yang berarti jika menurut Jean-Nicolas Corvisart bahwa tinggi dari Napoleon Bonaparte lebih dari 170 cm sedangkan tinggi rata rata pria Perancis saat itu 165 Cm.
 



3. Buku Terlaris Di Abad Pertengahan, “Historia de Duobus Amantibus”   
Apakah buku yang terjual paling laris di abad pertengahan? Kalau kamu menyebut kitab suci, mungkin bakal terkejut dengan fakta yang ada. Buku paling laris di abad 15 adalah buku kisah erotis “The Tale of Two Lovers (Latin: Historia de duobus amantibus). Buku ini ditulis oleh Aeneas SylviusPiccolomini. Sebagai info, beberapa masa setelah itu, Aeneas kemudian dinobatkan menjadi Paus Pius II.

4. Taj Mahal
Fakta sejarah unik yang mencengangkanUntuk membangun Taj Mahal dibutuhkan setidaknya 20.000 pekerja mulai dari arsitek, pemahat, ahli taman, hingga pekerja kasar. Dan lama pembangunan sampai 20 tahun guna menyelesaikan Taj Mahal. Total biaya pembagunan ini diperkirakan sekitar 7 juta Dolar Amerika. Itu pada saat yang lalu tetapi apabila dikonversi dengan mata uang saat ini, tapi nilainya mungkin jauh lebih tinggi berabad lampau.
 

5. Perang Paling Singkat

Fakta sejarah unik yang mencengangkanPerang antara Inggris vs Zanzibar pada 27 Agustus 1896, hanya berlangsung selama 40 menit. Ini merupakan perang tersingkat dalam catatan sejarah perang di dunia. Pemicu perang ini disebabkan kematian pro Inggris, Sultan Hamd bin Thuwaini yang melawan penggantinya, Sultan Khalid bin Barghash. Menurut perjanjian yang ditandatangani tahun 1886 antara inggris dan zanzibar, pengganti Sultan harus persetujuan konsul Inggris, namun Khalid melanggar perjanjian tersebut, tanpa persetujuan Inggris Khalid naik tahta. Inggris menjadi marah dan memberi ultimatum kepada khalid untuk segera turun tahta, namun Khalid tak mengindahkan. Sebaliknya, merespon ultimatum Inggris, Khalid mengerahkan angkatan bersenjatanya dan membarikade istananya dari serangan Inggris. Sikap menantang Khalid kemudian dijawab Inggris dengan serangan tanggal 27 Agustus pagi hari. Inggris membombardir Istana Khalid dan mencerai beraikan pasukan yang menjaga istana. Setidaknya ada kurang lebih 500 korban dari pihak Khalid, sementara hanya satu prajurit angkatan laut Inggris yang cidera. Perang singkat itu hanya berlangsung 40 menit. Sultan Khalid pun bertekuk lutut kepada pasukan inggris.

 
6. Mata Uang Inggris Tercemar Kokain
Hasil penelitian oleh Mass Spec Analytical (MSA) tahun 2000, ternyata 99% uang kertas yang beredar di London tercemar narkoba jenis kokain. Hal ini menunjukkan betapa banyaknya pengguna kokain yang menggunakan uang kertas yang digulung untuk menghirup serbuk putih tersebut. Wah, bisa dipastikan dari persentase diatas bahwa Inggris merupakan konsumen kokain terbesar.

7. Perpustakaan Keliling Pertama

Dari mana asal perpustakaan keliling ? berikut perpustakaan keliling pertama didunia. Wazir, atau sejenis orang cendikiawan dan berkhidmat di Persia pada abad ke-10 bagaikan orang yang membawa perpustakaan kemana pun ia pergi. Contohnya Abdul Kassam Ismael, ia selalu membawa begitu banyak buku dalam perjalanannya. Konon, dibutuhkan sekitar 400 unta untuk membawa semua literatur miliknya.

 
Title : Fakta sejarah unik yang mencengangkan
Description : Fakta sejarah unik yang mencengangkan - fakta sejarah yang tak pernah kita dapat ketika di bangku sekolah dulu , mungkin karena sesuatu ha...

0 Response to "Fakta sejarah unik yang mencengangkan"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email