Manfaat Jambu Biji Untuk kesehatan

Manfaat Buah Jambu Biji untuk kesehatan

psidium guajava
Manfaat Buah Jambu Biji (Psidium Guajava) - Jambu biji atau jambu batu, merupakan tanaman buah yang masih termasuk Dallam keluarga Myrtaceae dari genus Psidium. Buah yang satu ini merupakan buah yang berasal dari negara Meksiko atau Brazil, di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan Bagian Utara. Lalu tanaman ini menyebar dengan alami melalui lautan hingga kelautan Asia Tenggara hingga Karibia dan beberapa wilayah Afrika.
Buah jambu biji juga merupakan buah yang sudah sangat akrab dengan kita orang Indonesia dikarenakan banyaknya jumlah pohon dari buah ini yang kebanyakan tumbuh liar secara alami. Buah ini memiliki tekstur yang agak keras dengan lapisan daging di bagian luar dan biji di bagian Dallam. Buah ini sangat cocok kalau dimakan di diang hari yang panas. Selain segar ternyata dengan mengkonsumsi buah ini, kita juga dapat mendapatkan manfaat yang cukup banyak dari buah yang satu ini. Apa saja manfaat dari buah ini?. Jambu biji memiliki beberapa manfaat antara lain :

1. Jambu Biji Dapat Mencegah kangker

Buah jambu biji ternyata bisa mencegah kangker karena memiliki kadungan antioksidan yang bernama likopen. Antioksidan likopen sendiri merupakan antioksidan yang dapat mencegah virus kangker. Likopen yang terdapat pada jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibandingan likopen yang terdapat di buah lainnya seperti tomat. Kandungan likopen terdapat pada semua jenis jambu biji apalagi pada jambu biji yang memiliki daging berwarna merah.

2. Jambu Biji Dapat Menurunkan Hipertensi

Buah jambu biji merupakan salah satu hipoglikemik yang terdapat di alam dan buah ini juga kaya akan kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Mengkonsumsi jambu biji secara rutin juga akan menambah kebutuhan tubuh akan potasium, dimana potasium dapat berfungsi sebagai penurun tekanan darah.

3. Jambu Biji Mengobati Diare

Selain mengandung beberapa senyawa dan antioksidan yang sudah saya jelaskan di atas, jambu biji juga memiliki senyawa berupa astringen, yang merupakan zat kimia yang dapat berfungsi menyusutkan jaringan tubuh. Nah hal ini yang menyebabkan anda akan merasa gusi anda terasa keras saat sedang mengkonsumsi buah ini. Oh ya daun jambu biji juga mengandung zat anti bakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena diare atau disentri. Selain zat anti bakteri jambu biji juga mengandung karetinoid vitamin C dan potasium.

4. Jambu Biji Mengobati Batuk dan Flu

Daun jambu biji maupun buah jambu biji yang dimakan mentah sudah dipercaya turun-temurun dapat digunakan untuk mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Kandungan vitamin C yang terdapat di Dallam buah ini juga dapat menjadi senjata untuk mengurangi batuk dan flu

5. Jambu Biji Merawat Kulit

Dengan rutin mengkonsumsi jambu biji dapat membuat kulit yang awalnya kendur menjadi kencang kembali. Ini dikarenakan jambu biji memiliki kandungan astringet yang berfungsi mengencangkan kulit yang kendur. Selain itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dimana antioksidan ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

6. Jambu Biji Dapat Menurunkan Berat Badan

Jambu biji juga mampu membantu anda untuk menurunkan berat badan karena jambu biji memiliki komponen yang penting Dallam menurunkan berat badan seperti serat, protein dan vitamin.


Title : Manfaat Jambu Biji Untuk kesehatan
Description : Manfaat Buah Jambu Biji untuk kesehatan Manfaat Buah Jambu Biji ( Psidium Guajava ) - Jambu biji atau jambu batu, merupakan tanaman b...

0 Response to "Manfaat Jambu Biji Untuk kesehatan "

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email