Penyebab Jerawat

Penyebab Jerawat

Pada umumnya pada masa puberitas remaja sering mengalami masalah pada wajah mereka, apalagi kalau bukan masalah jerawat. Jerawat ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon saat masa puber karena terapat beberapa jenis hormon yang menyebabkan glandula cebacea lebih aktif menghasilkan minyak pada kulit wajah, akibatnya produksi cebum (minyak) pada wajah juga meningkat. Minyak pada wajah yang berlebihan berpotensi mengikat debu, kotoran, dan juga bakteri penyebab jerawat, yang dapat menyumbat pori-pori kelenjar minyak. berikut gambar proses tersumbatnya pori-pori wajah.
Proses terjadinya Jerawat
Apabila ditemukan bakteri  penyebab jerawat (Propionibacterium acnes) tumbuh dan berkembangpada pori-pori yang tersumbat ini , maka bakteri ini akan melepaskan sejenis iritan yang kemudian akan menyebabkan iritasi pada kulit.  Selanjutkan jaringan kulit akan melepaskan histamin yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi). Akibatnya kulit menjadi merah dan membengkak. Infeksi yang terjadi juga menyebabkan terbentuknya nanah, sebagai akibat bentuk perlawanan sistem imun tubuh untuk menetralkan iritan yang dihasilkan oleh bakteri tersebut serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Sekilas uraian mengenai Propionibacterium acnes.

Propionibacterium acnes termasuk dalam kelompok Corynebacteria. Bakteri ini sebenarnya termasuk flora normal kulit, tumbuh relatif lambat, termasuk tipe bakteri anaerob, bakteri gram positif yang toleran terhadap oksigen. Genome dari bakteri ini telah diteliti dan sebuah penelitian menunjukkan bahwa beberapa gen bakteri tersebut dapat menghasilkan enzim untuk meluruhkan kulit dan protein, yang mungkin bersifat immunogenic.


Title : Penyebab Jerawat
Description : Penyebab Jerawat Pada umumnya   pada masa puberitas remaja sering mengalami masalah pada wajah mereka, apalagi kalau bukan masalah jeraw...

7 Responses to "Penyebab Jerawat"

  1. kak mau tanya penyebab jerawat itu hanya krn hormon saja?
    bgimna cara mngatasi ketidakseimbangan hormon itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jerawat bukan hanya disebabkan oleh pengaruh hormon (pada masa puber), bisa sja dipengaruhi oleh aktivitas seseorang yang kemudian akan menyebabkan produksi minyak pada wajah secara berlebihan (baca kembali pada paragraf 1 dan 2). Bukan ketidakseimbangan hormon yang di atasi tetapi bagi teman2 yang dalam masa puberitas rajin-rajinlah membersihkan wajah dengan pembersih wajah yang cocok dengan anda

      Delete
  2. oh iya kak
    trima ksh ats pnjlasannya.
    kak mau tanya lgy saat aku diputusin pacar
    wjahku bnyak jrawatnya. ada hubungnnya gk kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hubungan diputusin pacar dengan jerawat, bisa jadi iya !! karena stress pcar yg kita sayangi pergi meninggalkan kita. faktor stress juga bisa mengakibatkan ketidakseimbangan hormon (paragraf pertama)

      Delete
  3. tp sy gk stres kak
    biasa sja. ciri orng stres itu kyk gimna kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bnyak yg dipikirkan sehingga membuat seseorang tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.,

      Delete
  4. oh jdi gitu ya
    maksh utk pnjlasannya kkak yg cakep

    ReplyDelete

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email