Suku Chenopodiaceae

Suku Chenopodiaceae - Berupa terna atau kaadang-kadang tumbuhan berbatang berkayu dengan daun-daun tunggal yang duduknya tersebar, jarang sekali berhadapan, kadang-kadang bersifat sukulen, tanpa daun penumpu. Bunga kecil kehijau-hijauan, tersusun dalam bunga majemuk yang rasemos, kebanyakan akktinomorf dengan tenda bunga yang tunggal, banci, atau berkelamin tunggak. 

Tenda bunga berbilangan 1-5 atau sama sekali tidak ada. Benang sari sama atau kurang daripada jumlah daun tenda bunga, duduknya berhadapan dengan daun-daun tenda bunga, dalam kuncup membengkok kedalam. Bakal buah menumpng atau setengah tenggelam, terdiri atas dua daun buah dengan 2-5 kepala putik, beruang 1 dengan bakal biji yang kampilotrop dengan tali pusar yang basal.
Buahnya buah keras atau buah yang kalau masak membuka dengan sebuah tutup, biasanya diselubungi daun-daun tenda bunga yang berdaging. Biji dengan perisperm yang dikelilingi oleh lembaga yang tergulung.
Suku ini adalah suatu suku yang besar, meliputi ±1.400 jenis yang terbagi dalam ±100 marga, tersebar diseluruh permukaan bumi. Contonya Beta vulgaris, Salsola soda, Salicornia herbacea.
beta vulgaris
Beta vulgaris 
image source : www.homeopathyandmore.com

Title : Suku Chenopodiaceae
Description : Suku Chenopodiaceae - Berupa terna atau kaadang-kadang tumbuhan berbatang berkayu dengan daun-daun tunggal yang duduknya tersebar, jaran...

0 Response to "Suku Chenopodiaceae"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email