family sapotaceae

Suku/ family sapotaceae merupakan perdu atau pohon dengan daun-daun tunggal yang tersebar, jarang berhadapan, tanpa mempunyai daun penumpu atau mempunyai daun penumpu yang lekas runtuh, bunga dalam ketiak daun, banci, tiap-tiaap taju kadang-kadang mempunyai organ-argan tambahan pada sisi sampingnya. Benag saria sama banyaknya dengan daun mahkota atau lebih banyak, letaknya berhadapan dengan daun-daun mahkota, terdapat pula benang-benag sari yang mandul yang sama banyaknya atau lebih banyak dari pada daun-daun mahkota. Bakal buah menumpang, buahnya buah buni atau buah yang berkayu  yang tidak membuka. Biji dengan atau tampa endosperm, lembaga besar, akar lembaga pendek, daun lembaga lebar.  

Warga suku ini mempunyai saluran-saluran getah dalam kulit batang, daun, dan juga dalam empulur yang karena kandungannya akan zat-zat tertentu (getah perca) sering dibudidayakan untuk diambil zat-zat tadi. salah satu contoh dari family sapotaceae ini adalah Manilkara zapota, sinonim =Acharas zapota, (sawo manila).
sawo manila
image source : www.daleysfruit.com

Klasifikasi Manilkara zapota/ sawo manila
Regnum : Plantae (Tumbuhan)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Ordo : Ebenales
Famili : Sapotaceae 
Genus : Manilkara
Spesies : Manilkara zapota (L.) van Royen
Title : family sapotaceae
Description : Suku/ family sapotaceae merupakan perdu atau pohon dengan daun-daun tunggal yang tersebar, jarang berhadapan, tanpa mempunyai daun penumpu...

0 Response to "family sapotaceae "

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email