klasifikasi dan deskripsi Amaranthus spinosus L.


 A. Klasifikasi Amaranthus spinosus L.
Regnum      : Plantae
Divisi          : Magnoliophyta
Kelas          : Magnoliopsida
Ordo           : Caryophyllales
Famili         : Amaranthaceae
Genus         : Amaranthus
Spesies       : Amaranthus spinosus L.


bayam duri
image source : keys.trin.org.au

B.    Ciri umum Amaranthus spinosus L.
Tumbuhan bayam ini pada bagian batangnya terdapat duri sehingga dikenal dengan sebutan Bayam Duri. Bayam duri biasanya tumbuh liar di kebun-kebun yang terlantar, tepi parit/got, tepi jalan yang di daerah dataran rendah. Ciri-ciri tumbuhan bayam ini yaitu:
(1) Tumbuh tegak, tinggi berkisar 30 – 100 cm.
(2)  Batang berwarna hijau atau kemerahan, bagian pangkal polos, bagian atas sedikit berambut, batang bercabang dan berduri.
(3) Daun tunggal, letak berselang-seling, bentuk daun bundar telur memanjang, tepi rata kadang beringgit, panjang 1,5 – 6 cm, lebar 1 – 3 cm dan berwarna hijau.
(4)   Pada ketiak daun terdapat sepasang duri keras yang mudah lepas.
(5)   Bunga berbentuk bola di ketiak dan berbentuk bulir, warna hijau keputihan.
(6)   Buah bulat panjang, warna hijau.
(7)   Biji bulat kecil dan hitam.
(8)   Berkembang dengan biji.

B.     Morfologi Amaranthus spinosus L.
1.      Akar
Akar tanaman (Amaranthus spinosus L.) bayam duri sama seperti akar tanaman bayam pada umumnya, yaitu memiliki sistem perakaran tunggang.
2.      Batang
Batang tanaman bayam duri ini kecil berbentuk bulat, lunak dan berair. Batang tumbuh tegak bisa mencapai satu meter dan percabangannya monopodial. Batangnya berwarna merah kecoklatan. Yang menjadi ciri khas pada tanaman ini adalah adanya duri yang terdapat pada pangkal batang tanaman ini.
3.      Daun
     Daun spesies ini termasuk daun tunggal. Berwarna kehijauan, bentuk bundar telur memanjang (ovalis). Panjang daun 1,5 cm sampai 6,0 cm. Lebar daun 0,5 sampai 3,2 cm. Ujung daun obtusus dan pangkal daun acutus. Tangkai daun berbentuk bulat dan permukaannya opacus. Panjang tangkai daun 0,5 sampai 9,0 cm. Bentuk tulang daun bayam duri penninervis dan tepi daunnya repandus.
4.      Bunga
Merupakan bunga berkelamin tunggal, yang berwarna hijau. setiap bunga memiliki 5 mahkota. panjangnya 1,5-2,5 mm. Kumpulan bunganya berbentuk bulir untuk bunga jantannya. Sedangkan bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang. Bunga ini termasuk bunga inflorencia.
5.      Buah
Berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm.
6.      Biji
Berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 - 1 mm. 

C.    Sifat dan Khasiat Amaranthus spinosus L.
Akar bayam duri rasanya manis, pahit dan sejuk, masuk meridian jantung dan ginjal. Berkhasiat sebagai pereda demam (antipiretik), peluruh kencing (diuretik), peluruh haid, peluruh dahak (ekspektoran), penawar racun (antitoksik), menhilangkan bengkak (detumescent), dan pembersih darah. Herba bayam duri berkhasiat sebagai pembersih darah, pelancar ASI (laktagoga), dan diuretik.
Title : klasifikasi dan deskripsi Amaranthus spinosus L.
Description :  A. Klasifikasi Amaranthus spinosus L. Regnum      : Plantae Divisi           : Magnoliophyta Kelas           : Magnoliopsida Or...

0 Response to "klasifikasi dan deskripsi Amaranthus spinosus L."

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email