Klasifikasi dan deskripsi Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis)

Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) merupakan jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwarna putih. Meskipun saat ini sudah banyak anggrek bulan hasil persilangan (anggrek bulan hibrida) yang memiliki corak dan warna beragam jenis.

Di Indonesia, anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) pertama kali ditemukan di Maluku. Anggrek bulan memiliki beberapa nama daerah seperti anggrek wulan (Jawa dan Bali), anggrek terbang (Maluku), dan anggrek menur (Jawa). 
anggrek bulan

A. Klasifikasi Anggrek Bulan
Regnum   : Plantae
Divisi       : Magnoliophyta
Kelas       : Liliopsida
Ordo        : Asparagales
Famili      : Orchidaceae
Genus      : Phalaenopsis
Spesies    : Palaenopsis amabilis

B. Deskripsi Anggrek Bulan
1. Daun anggrek bulan
Daun biasanya oval memanjang dengan tulang daun memanjang pula, khas daun monokotil. Daun dapat pula menebal dan berfungsi sebagai penyimpan air. Bentuk daunnya merupakan bentuk roset, cirinya daun mengimpit batang atau pangkal daun di bagian atasnya.

2. Batang anggrek bulan
Anggrek ini termasuk dalam anggrek epifit dan batangnya tumbuh baik, seringkali menebal dan terlindungi lapisan lilin untuk mencegah penguapan berlebihan. Pertumbuhan batang bersifat "memanjang" (monopodial) yaitu hanya memiliki satu batang dan satu titik tumbuh saja. Bunganya tumbuh dari ujung batang.

3. Perakaran anggrek bulan
Memiliki akar serabut, dan karena Phalaenopsis Amabilis jenis epifit yaitu mengembangkan akar sukulen dan melekat pada batang pohon tempatnya tumbuh, namun tidak merugikan pohon inang. Akar-akarnya berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang serta terasa berdaging.

4. Bunga anggrek bulan

Bunganya berbentuk khas dan tersusun majemuk, muncul dari tangkai bunga yang memanjang, muncul dari ketiak daun. Bunganya simetri bilateral. Helaian Kelopak bunga (sepal) biasanya berwarna mirip dengan mahkota bunga (sehingga disebut tepal). Satu helai mahkota bunga termodifikasi membentuk semacam "lidah" yang melindungi suatu struktur aksesoris yang membawa benang sari dan putik. Benang sari memiliki tangkai sangat pendek dengan dua kepala sari berbentuk cakram kecil (disebut "pollinia") dan terlindung oleh struktur kecil yang harus dibuka oleh serangga penyerbuk  dan membawa serbuk sari ke mulut putik. Bunga dapat tumbuh hingga diameter 10 cm lebih.

5. Buah anggrek bulan
Buahnya berbentuk kapsul yang berwarna hijau dan jika masak mengering dan terbuka dari samping. Bijinya sangat kecil dan ringan, sehingga mudah terbawa angin. Biji anggrek ini sama dengan anggrek-anggrek yang lain yaitu tidak memiliki jaringan penyimpan cadangan makanan bahkan embrionya belum mencapai kematangan sempurna. Perkecambahan baru terjadi jika biji jatuh pada medium yang sesuai dan melanjutkan perkembangannya hingga kemasakan.
Title : Klasifikasi dan deskripsi Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis)
Description : Anggrek bulan ( Phalaenopsis amabilis ) merupakan jenis anggrek (Orchidaceae) yang mempunyai ciri khas kelopak bunga yang lebar dan berwar...

0 Response to "Klasifikasi dan deskripsi Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis)"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email