klasifikasi dan deskripsi selada air

Selada Air (Nasturtium officinale, N. microphyllum; sebelumnya Rorippa nasturtium-aquaticum, R. microphylla) merupakan tanaman yang sangat kaya akan sulfur, nitrogen, dan yodium. Selada air merupakan salah satu pencuci darah yang baik disamping juga merupakan Tonic terhadap penyembuhan gangguan liver dan ginjal.
Selada air merupakan tumbuhan asli Eropa, Asia Barat, dan Ethiophia. Sekarang selada air ditanam atau tumbuh di serata dunia, terutama di kawasan beriklim sederhana dan di tanah tinggi kawasan iklim tropika, termasuk Asia tenggara.

Klasifikasi Selada Air
Regnum        : Plantae
Divisio         : Magnoliophyta
Sub divisi     : Angiospermae
Classis         : Monocotyledonae
Ordo           : Brassicales
Familia        : Brassicaceae
Genus         : Nasturtium
Spesies       : Nasturtium officinale

 Nasturtium officinale
Gambar Nasturtium officinale



Deskripsi Morfologi Tanaman Selada air
Tanaman berupa herba aquatik menjalar atau tegak, boleh mencapai ketinggian 1m, mempunyai akar tunjang dan sering menghasilkan akar pada buku. Tanaman ini juga memiliki banyak cabang dan berbatang licin. banyak cairan serta berongga dalam batang. Daun dari tanaman Nasturtium officinale merupakan jenis majemuk pinat dengan 2-9 helai, daunnya berseling atau radikaslis, dan tidak ada stipula.
Bunga biseksual, bersimetri banyak. Sepala dan petala empat. Stamen enam, berkelompok menjadi 4 stamen panjang dan 2 stamen pendek, dalam dua lingkaran yang berbeda, seringkali ditemukan kelenjar dipangkalnya. Ovarium superior tampak seperti mempunyai 2 karpela dan 2 lokuli karena adanya sekat palsu. Ovula beberapa sampai banyak terletak pada panetal plasenta. Buah dengan 2 katub silikan atau silikel. Biji tanpa endosperm. Mempunyai banyak bunga kecil yang kelopaknya berwarna putih.

Kandungan kimia tanaman selada air
Selada air mengandung zat belerang, kalsium, sodium, magnesium, dan zat besi. Seluruh bagian tumbuhan terdiri dari 93 % air, 3-4 % karbohidrat, 1,7-2 % protein, 0,2-0,3 % lemak, 0,8-1,1 % serabut. Banyak mengandung mineral, vitamin A, B1, B2, dan C. Sebagian minyak dari selada air ialah isothiasianat fenil-etil.

Manfaat tanaman selada air (Nasturtium officinale)
Menurut tulisan Xenophon dari Yunani, mengonsumsi selada air mentah dalam jumlah banyak sangat bermanfaat bagi pekerja berat. Sementara ahli herbal dari Eropa menganjurkan mengkonsumsinya karena dapat membantu membersihkan darah dan memiliki efek stimulasi pada kerja limpa, hati, dan empedu. Campuran sari bayam, lettuce, wortel, dan selada air, merupakan komponen yang penting di dalam pembuatan darah baru.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa selada air bermanfaat bagi kesehatan, karena mengandung zat besi, vitamin C, betakaroten, dan phytonutrient sebagai antioksidan. Pada penelitian terhadap perokok, asap tembakau penyebab kanker paru yang disebut NNK (Nicotine Derived Nitrosamine Ketone), mampu dikeluarkan sebagian dengan mengonsumsi 50 gr selada air, 3 kali sehari. Ini adalah efek dari isothyocynate yang ada pada selada air. Juga disebabkan adanya kemampuan enzim dalam mengeluarkan zat penyebab kanker. Sekali mengonsumsi selada air sebanyak 50 gr, akan memberi zat pertahanan 5-10 mgr.

Mengkonsumsi selada air secara rutin dapat mengurangi risiko kanker kolon, rektum, dan kelenjar gondok. Hasil penelitian laboratorium mengungkapkan, isothyocynate dalam selada air mampu menghambat enzim yang membantu kerusakan DNA serta kanker. Mengonsumsi selada air secara rutin akan mengurangi risiko terhadap kanker.

Selada air juga kaya akan kalsium, mineral yang berperan dalam memperkuat tulang, gigi, serta kesehatan saraf otot dan darah. Selada air juga mengandung zat besi, betakaroten, dan vitamin C yang membantu penyerapannya.

Buta senja juga dapat diperbaiki dengan mengonsumsi selada air. Itu karena sayuran ini mengandung betakaroten yang dibutuhkan untuk pembentukan penglihatan, pigmen dalam retina, yang dapat membantu melihat dalam kegelapan.
Title : klasifikasi dan deskripsi selada air
Description : Selada Air ( Nasturtium officinale , N. microphyllum ; sebelumnya Rorippa nasturtium-aquaticum , R. microphylla ) merupakan tanaman yang ...

0 Response to "klasifikasi dan deskripsi selada air"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email