jika anda ingin beriklan, silahkan menghubungi email atau melalui sosial media kami. (size=728x90')

Sirih (Piper betle Linn.)

Sirih adalah sejenis tumbuhan merambat, daun dan buahnya dimakan orang dikunyah bersama gambir, pinang, dan kapur. Batang panjang 5-15 meter. Daun berseling atau tersebar, bertangkai, daun penumpu cepat rontok, dan meninggalkan bekas, berbentuk cincin.Helaian daun bulat telur sampai memanjang,dan pangkal daun berbentuk jantung,  atau pangkal yang miring dan ujung meruncing. Bunga berkelamin satu, berumah satu  atau dua. Nama ilmiahnya adalah Piper betle Linn dalam keluarga/ Famili Piperaceae.  Nama betel adalah dari bahasa Portugis - betle, berasal sebelumnya dari bahasa Malayalam di negeri Malabar yang disebut vettila. Dalam bahasa Hindi lebih dikenali pan atau paan dan dalam bahasa Sunskrit pula disebut sebagai tambula.  Manakala dalam bahasa Sinhala Sri Lanka disebut bulat. Bahasa Thai pula disebut sebagai plu. Sifat morfologi sirih adalah sejenis pepohon yang menjalar dan memanjat pada batang pokok sekelilingnya atau kayu junjung. Bentuk daunnya agak bujur (bujur sirih).  

Piper betle Linn. 
image source : www.payer.de
 
Sirih dikembangbiakkan dengan ditanam di tanah gembur yang tidak terlalu lembab dan memerlukan cuaca tropika untuk membiak subur dengan air yang mencukupi. Piper betle termasuk tumbuhan herba semak yang memanjat dengan helaian daun yang berbentuk bulat telur sampai memanjang, dengan pangkal daun berbentuk jantung atau pangkal yang miring dan ujung meruncing dengan ukuran 5 – 18 cm x 2 – 20 cm. Buah sirih berupa buah buni dengan ujung bebas dan membulat, dimana daun dan buahnya ini digunakan untuk makan sirih dan menjadi bahan obat-obatan. Batang sirih berbentuk bulat yang jika tumbuh keatas menggunakan penunjang. Bunga pada Piper betle berkelamin 1 sehingga temasuk bunga tidak sempurna, dapat berumah satu atau berumah 2 dengan bulir berdiri sendiri di ujung dan berhadapan dengan daun. Sirih ini banyak ditanam penduduk karena dapat bermanfaat sebagai obat-obatan tradisional. 

Klasifikasi Sirih
Regnum        : Plantae
Divisio          : Spermatophyta
Sub divisio    : Angiospermae
Kelas            : Dicotyledonae
Ordo            : Piperales
Famili          : Piperaceae
Genus          : Piper
Spesies        : Piper betle Linn

Title : Sirih (Piper betle Linn.)
Description : Sirih adalah sejenis tumbuhan merambat, daun dan buahnya dimakan orang dikunyah bersama gambir, pinang, dan kapur. Batang panjang 5-15 mete...

0 Response to "Sirih (Piper betle Linn.)"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email