JENIS DAN TIPE INTERAKSI ANTAR SPESIES

JENIS DAN TIPE INTERAKSI ANTAR SPESIES

Di dalam komunitas terdapat hubungan antara populasi dan juga spesies. Hubungan ini ada yang menguntungkan tetapi ada juga yang merugikan spesies lain. Jenis dan Tipe Interaksi antara spesies dapat digolongkan sebagai berikut : Neutralisme merupakan interaksi yang tidak ada spesies atau populasi yang dipengaruhi oleh yang lain. Lambang Interaksi (0 , 0). Kompetisi : tipe gangguan atau campur tangan secara langsung Rintangan atau penghambatan secara langsung dari masing-masing spesies oleh yang lain. Lambang Interaksi (- , -). Kompetisi : tipe penggunaan sumberdaya alam Rintangan atau penghambatan secara tidak langsung; pada umumnya terjadi ketika persediaan sumberdaya alam kurang atau terbatas. Lambang Interaksi (- , -). Amensalisme : Spesies atau populasi pertama dihambat atau dirintangi, sedangkan spesies atau populasi kedua tidak mendapat akibat apa-apa. Lambang Interaksi (-,0) Angrek dan pohon. Parasitisme : Spesies atau populasi yang pertama adalah parasit yang memperoleh keuntungan sedangkan spesies kedua adalah inang (yang menderita). Lambang interaksi (+ , -). Predasi (Pemangsaan) : Predator (organisme yang memangsa) mendapat keuntungan, sedangkan prey (organisme yang dimangsa) menderita (dirugikan). Lambang Interaksi (+ , - ).
Komensalisme : Asosiasi jenis ini terjadi biia dua spesies hidup bersama, kemudian spesies yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan spesies yang lain tidak dirugikan olehnya, maka hubungan hidup antara kedua spesies itu disebut komensalisme (metabiosis). Spesies yang beruntung disebut komensal, sedangkan spesies yang member keuntungan disebut inang (hospes).. Lambang Interaksi ( + , 0 ).
Protokooperasi : Interaksi yang menguntungkan kedua belah pihak, tetapi asosiasi bukan merupakan keharusan. Lambang Interaksi ( + , + ).Mutualisme : Interaksi yang menguntungkan kedua belah pihak, dan asosiasi ini merupakan keharusan. Lambang Interaksi ( + , + )


Interaksi antar organisme. 
Pola interaksi organisme dalam ekosistem dapat berupa Predasi, Simbiosis, Kompetisi dan Netralisasi. Predasi adalah suatu bentuk hubungan antara pemangsa dan mangsanya. Contohnyakayak interaksi kucing dengan tikus yang kadang-kadang nanti berteman nanti musuhan juga. Simbiosis adalah bentuk hidup bersama dari organisme yang berbeda dengan hubungan yang erat. Sementara Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion. Simbiosis pun dapat dibedakan menjadi empat macam simbiosis sebagai berikut. 
1. Simbiosis mutualisme, adalah cara hidup dengan timbal balik antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan antar individu makhluk hidup yang berlainan jenisatau berbeda spesies. Contohnya : a. Jamur dan ganggang b. Lebah atau kupu-kupu dan bunga. Badak dan burung jalak d. Burung pelatuk dan musang 


simbiosis mutualisme antara lebah dan bunga
Simbiosis mutualisme antara lebah dan bunga

2. Simbiosis komensalisme adalah cara hidup bersama atau tinmbal balik antara duamakhluk hidup yang berlainan jenis atau berbeda spesies dengan salah satu spesiesmendapatkan keuntungan dari yang lain sementara spesies yang lainnya tidak dirugikan.Contohnya kayak :a. Tumbuhan paku/anggrek dan pohon yang tinggi di hutan b. Ikan remora dan hiuc. Tumbuhan dan serangga atau laba-laba

3. Simbiosis parasitisme, yakni cara hidup bersama atau timbal balik antara duamakhluk hidup yang berbeda spesies, dengan salah satu makhluk hidup memperolehkeuntungan dan yang lainnya dirugikan. Contohnya kayak :a. Benalu dan pohon mangga b. Tali putri dan tanaman beluntas c. Cacing pita dan tubuh manusia.

4. Simbiosis protokooperasi, yakni cara hidup bersama atau timbal balik antara dua makhluk hidup yang berbeda spesies, di mana jika kedua makhluk hidup bersimbiosis atau bersatu akan menjadi lebih baik. Namun, tanpa melakukan simbiosis pun kedua makhluk hidup ini tetap dapat hidup normal. Simbiosis tipe ini umumnya akan membentuk spesies yang baru dan lebih unggul dari pada individu pembentuknya. Contohnya kayak lumut kerak yang merupakan perpaduan antara simbiosis jamur dan ganggang. 

5. Kompetisi ialah persaingan di antara makhluk hidup yang berada di dalam suatuekosistem, mengapa demikian..??? karena lebih dari satu jenis spesies membutuhkan bahan atau makanan yang sama darilingkungan hidupnya. Netralisasi adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang tidak salingmerugikan atau diuntungkan. Contohnya burung bangau yang memakan siput, ikan dengan burung pipit yang memakan padi di sawah. 

6. Antibiosis adalah suatu bentuk hubungan antara makhluk hidup yang berbeda jenis atau berseda spesies di mana nakhluk hidup yang satu menghambat dalam pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang lain. Contohnya hubungan antara jamur yang mengeluarkan racun sehingga menghambat pertumbuhan organisme lain disekitarnya. Interaksi antar organisme Semua makhluk hidup selalu bergantung kepada makhluk hidup yang lain. Tiap individuakan selalu berhubungan dengan individu lain yang sejenis atau lain jenis, baik individu dalam satu populasinya atau individu-individu dari populasi lain. Interaksi demikian banyak kita lihat di sekitar kita.Interaksi antar organisme dalam komunitas ada yang sangat erat dan ada yang kurangerat. Interaksi antarorganisme dapat dikategorikan sebagai berikut.a. Hubungan netral tidak saling mengganggu antarorganisme dalam habitat yang sama yang bersifat tidak menguntungkan dan tidak merugikan kedua belah pihak, disebut netral.Contohnya : antara capung dan sapi. b. PredasiPredasi adalah hubungan antara mangsa dan pemangsa (predator). Hubungan ini sangat erat sebab tanpa mangsa, predator tak dapat hidup. Sebaliknya, predator juga berfungsi sebagai pengontrol populasi mangsa. Contoh : Singa dengan mangsanya, yaitu kijang, rusa,dan burung hantu dengan tikus.

7. Parasitisme 
Parasitisme adalah hubungan antarorganisme yang berbeda spesies, bilasalah satuorganisme hidup pada organisme lain dan mengambil makanan dari hospes/inangnyasehingga bersifat merugikan inangnya.contoh : Plasmodium dengan manusia, Taeniasaginata dengan sapi, dan benalu dengan pohon inang. 

8. Komensalisme
Komensalisme merupakan hubunganantara dua organisme yang berbeda spesies dalam bentuk kehidupan bersama untuk berbagi sumber makanan; salah satu spesies


INTERAKSI ANTAR KOMPONEN EKOSISTEM


Interaksi antar komponen ekosistem dapat terjadi antara komponen abiotik dan biotik maupun antara komponen biotik dan biotik. Interaksi antar makhluk hidup dapat terjadi antaorganisme maupun antarpopulasi.
A.       Hubungan/interaksi antara komponen abiotik dan biotikAdanya komponen abiotik dalam ekosistem dapat mempengaruhi komponen biotik, begitu juga sebaliknya. Misalnya, tumbuhan dapat hidup dengan baik apabila tanah memberikan unsur-unsur yang diperlukan berupa air dan garam-garam mineral dan udara menyediakan karbondioksida untuk kepentingan fotosintesis. Sebaliknya tanah akan menjadi subur bila di dalamnya terdapat mikroorganisme (cacing dan bakteri pembusuk) yang dapat menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Untuk lebih jelasnya perhatikan mekanisme fotosintesis yang dilakukan oleh tumbuhan dibawah ini: 
                         Cahaya
6 CO2 + 6 H2O ====> C6 H12 O6 + 6O2
                        Khlorophil

Perhatikan komponen-komponen yang saling berinteraksi!CO2 (Karbondioksida)berasal dari udaraO2 (Oksigen) dilepas di udara. Komponen AbiotikCahayaTumbuhan. Komponen Biotik


Title : JENIS DAN TIPE INTERAKSI ANTAR SPESIES
Description : JENIS DAN TIPE INTERAKSI ANTAR SPESIES Di dalam komunitas terdapat hubungan antara populasi dan juga spesies. Hubungan ini ada...

0 Response to "JENIS DAN TIPE INTERAKSI ANTAR SPESIES "

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email