Sistem saraf (fisiologi Hewan)

Sistem saraf

Pada hewan unisel, sebuah sel mengemban tugas yang sangat berat karena harus malaksanakan segala aktivitas hidup. Seiring dengan adanya evolusi dari organisme unisel sederhana menjadi organisme multisel yang lebih kompleks, beban tugas berat sel pun dapat dikurangi. Organisme multisel telah mengalami perkembangan struktur dan fungsi khusus pada berbagai organ, antara lain pada organ-organ sistem sirkulasi dan pencernaan. 

Di satu sisi, perkembangan ini dapat meringankan tugas sel. Namun di sisi lain evolusi menimbulkan masalah baru, yakni bahwa hewan harus mampu mengendalikan dan mengkordinasikan berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh jenis sel yang berbeda. Tanpa adanya kemampuan mengendalikan dan mengkoordinasikan berbagai macam aktivitas, hewan akan sulit bertahan hidup. Sistem organ yang diperlukan untuk menyelenggarakan fungsi kendali dan koordinasi ialah sistem saraf  dan sistem hormonal. Kedua sistem tersebut selalu bekerja sama secara serasi, dan keduanya secara bersama-sama sering disebut sebagai sistem neurohormon atau neuroendokrinal.
Title : Sistem saraf (fisiologi Hewan)
Description : Sistem saraf Pada hewan unisel, sebuah sel mengemban tugas yang sangat berat karena harus malaksanakan segala aktivitas hidup. Seiring ...

0 Response to "Sistem saraf (fisiologi Hewan)"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email