Manfaat Rumput Teki

Manfaat Rumput Teki - Rumput teki merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam kelompok graminae atau sejenis rumputan (baca klasifikasi rumput teki). Namun, rumput teki (Cyperus rotundus L.) mengandung berbagai senyawa yang sangat penting untuk kesehatan. Hal inilah yang mengakibatkan rumput teki banyak digunakan dalam pengobatan herbal. Kandungan utamanya adalah minyak atsiri yang terdapat dalam umbi rumput ini.
rumput teki

Berikut ulasan mengenai Manfaat Rumput Teki, berdasarkan umbinya:

1. Umbi rumput teki segar, digeprak kemudian diseduh dengan air panas bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit busung air dan kencing batu.

2. Umbi yang rumput teki yang direbus. air rebusannya diminum bisa digunakan sebagai obat berberapa penyakit, seperti pengatur haid, menyembuhkan keputihan, obat penenang, memperlancar buang air besar (BAB), dan mempercepat pembekuan darah.

3. Umbi segar yang ditumbuk, digunakan untuk perangsang ASI dan penghenti pendarahan ramim.

4. Umbi rumput teki dicampur dengan daun pegagan dan alang-alang, bisa mempelancar buang air kecil.

5. Tepung yang terbuat dari umbi rumput teki, digunakan sebagai bedak anti nyamuk yang beraroma menthol atau dalam bentuk cair dengan sedikit air dan digunakan sebagai obat penyakit kulit semacam panu, kadas, dan luka yang belum sembuh.


Title : Manfaat Rumput Teki
Description : Manfaat Rumput Teki - Rumput teki merupakan salah satu tanaman yang termasuk dalam kelompok graminae atau sejenis rumputan (baca klasifik...

0 Response to "Manfaat Rumput Teki"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email