cara mengatasi susah tidur

cara mengatasi susah tidur

cara mengatasi susah tidur - Susah tidur merupakan penyakit yang banyak dialami remaja saat ini. Tak terkecuali admin blog ini. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan, berhubungan dengan hal itu saya mau share beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan sebelum tidur. Disimak yaaa,., ^_^


1. Menonton TV atau Melihat Komputer

Penelitian menunjukkan bahwa paparan radiasi sinar televisi atau internet dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk tidur. Cahaya dari layar tv atau komputer dapat menghambat perkembangan melatonin, hormon yang membuat rasa ingin tidur. Matikan televisi dan komputer satu jam sebelum Anda tidur.


2. Olah raga
Olah raga sebenarnya adalah aktivitas yang penting bagi kesehatan, dan sebenarnya dapat memberikan kontribusi untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Tapi masalahnya, olah raga 3 jam sebelum tidur dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat badan menjadi berkeringat, sehingga dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Baiknya, lakukan kegiatan tersebut di pagi hari.


3. Bekerja

Apapun pekerjaan Anda, sebaiknya selesaikan tugas-tugas kantor keesokkan harinya. Tubuh Anda juga membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Otak yang terus-terusan berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan hingga tengah malam dapat merangsang otak Anda untu terus bekerja dan dapat menimbulkan stress. Hal tersebut tentu saja dapat merusak kualitas tidur Anda.


4. Terlalu Banyak Minum

Kafein dan alkohol, sudah jelas dapat merusak tidur Anda. Terlalu bnayak minum beberapa gelas sebelum tidur juga dapat mengganggu tidur karena Anda akan terbangun tengah malam untuk pergi ke toilet.


5. Mandi dengan Air Panas
Seperti halnya olahraga, mandi dengan air panas akan membantu Anda cepat tertidur di waktu yang tepat, tidak ketika Anda akan tidur. Jika ingin mandi air panas, atur suhu air agar tidak terlalu panas. Air yang terlalu panas akan membuat kulit berkeringat dan akhirnya susah tidur. Sebelum tidur, pastikan tubuh Anda sudah kembali ke suhu semula.

6. Bertengkar
Bertengkar sebelum tidur adalah faktor lain yang dapat menyebabkan kualitas tidur Anda menjadi tidak baik. Anda akan dihantui perasaan tidak menyenangkan dan akan terus memikirkan hal tersebut sepanjang malam. Baiknya, selesaikanlah masalah Anda terlebih dahulu sebelum pergi tidur, dengan begitu, Anda akan memiliki perasaan tenang dan lebih segar saat terbangun keesokan harinya.

7. Tidur dengan Hewan Peliharaan
Bagi Anda pecinta binatang, tidur dengan hewan-hewan yang Anda sayangi tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun hal tersebut adalah faktor lain yang dapat merusak kualitas tidur Anda, karena bisa saja si hewan tiba-tiba menggonggong, menjilat atau menggigit. Selain itu tidur dengan binatang berdampak buruk pada kesehatan.


8. Membaca Buku 

Bagi Anda yang suka sekali membaca buku pada malam hari, waspadailah. Membaca sebuah buku dengan cerita yang mengasyikan adalah salah satu faktor yang dapat membuat tidur Anda menjadi tidak berkualitas. Anda akan terus membuka halaman-halamannya dan baru menyadari kalau ternyata sudah pagi. Hentikan kebiasaan buruk itu.



Udah tahu kan apa yang gak boleh dilakukan sebelum tidur,., dicoba yaa,., smoga bermanfaat,., ^_^


Title : cara mengatasi susah tidur
Description : cara mengatasi susah tidur -  Susah tidur merupakan penyakit yang banyak dialami remaja saat ini. Tak terkecuali admin blog ini. Hal in...

0 Response to "cara mengatasi susah tidur"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email