Family Euphorbiaceae

Family Euphorbiaceae - Terdiri atas tumbuh-tumbuhan berkayu, tetapi pula termasuk didalamnya terna. Karena adaptasi dengan lingkungannya kadang-kadang mempunyai filokladium. Daun tunggal atau majemuk, duduknya tersebar atau berhadapan, dengan daun-daun penumpu yang seringkali menyerupai kalenjar-kalenjar. Bunga hampir selalu berkelamin tunggal, berumah satu atau 2, dengan bentuk dan susunan yang beraneka rupa, ada yang tanpa hiasan bunga, dengan hiasan bunga rangkap atau tunggal, biasanyaberangkai dalam bunga yang berganda.

Dalam suku ini terdapat suatu susunan bunga majemuk yang khas, yang memberikan kesan seakan-akan merupakan bunga tunggal yang disebut siatium. Bunga jantan dengan benang sari yang sama jumlahnya dengan daun-daun hiasan bunga, dapat pula kurang atau lebih. Bunga betina dengan daun putik yang terdiri atas tiga daun buah dengan tiga tangkai putik yang bebas atau berlekatan, bakal buah menumpang, beruang tiga, tiap ruang dengan 1 bakal biji yang diatas mikropilnya mempunyai jaringan tambahan yang disebut karunkula. Buahnya biasanya buah kendaga yang kalau masak pecah menjadi 3 bagian buah, ada pula yang berupa buah buni atau buah batu. Biji denga endosperm yang besar, lembaga letaknya sentral.

Hampir semua bagian tubuh-tumbuhan dalam suku ini mengandung getah yang terdapat dalam saluran-saluran getah yang dapat hanya terdiri atas satu sel saja yang panjang dan bercabang-bercabang serta bersambungan satu sama lain, dapat pula merupakan fusi banyak sel. Suku/ family ini mencakup tidak kurang dari 7.200 jenis yang terbagi ± 300 marga terutama tersebar di daerah tropika.

Title : Family Euphorbiaceae
Description : Family Euphorbiaceae - Terdiri atas tumbuh-tumbuhan berkayu, tetapi pula termasuk didalamnya terna. Karena adaptasi dengan lingkungannya k...

0 Response to "Family Euphorbiaceae"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email