Suku Buxaceae

Suku Buxaceae - Suku ini ada yang menempatkan dalam lingkungan bangsa Celastrales, ada pula yang menempatkan didalam ordo Sapindales. Umumnya berupa tubuh-tumbuhan berkayu dengan daun-daun bertepi rata yang duduknya tersebar atau berhadapan, tanpa daun-daun penumpu. Bunga dalam ketiak daun, terpisah-pisah atau berupa bulir atau bongkol, berkelamin tunggal, aktinomorf. Tenda bunga berwarna hijau berbilangan 4 atau lebih pada bunga jantan tenda bunga seringkali tidak terdapat. Bunga jantan dengan benag sari atau lebih, duduknya berhadapan dengan daun-daun tenda bunga. Bunga betina mempunyai putik dengan 2-4 tangkai putik, bakal yang menumpang, beruang 2-4, biasanya 3, tiap ruang dengan 1-2 bakal biji. Buahnya buah kendaga yang kalau masuk membuka dengan membelah ruang (loculicide) atau buah batu. Biji dengan endosperm dan kebanyakan mempunyai karunkula.
 
Ada 30 jenis yang terbagi dalam 6 marga termasuk dalam dsuku ini, terutama tersebar didaerah subtropika dan daerah iklim sedang, jarang didaerah tropika.
Contoh: Buxus sempervirens atau yang biasa kita kenal dengan nama bonsai

Buxus sempervirens 

Title : Suku Buxaceae
Description : Suku Buxaceae - Suku ini ada yang menempatkan dalam lingkungan bangsa Celastrales , ada pula yang menempatkan didalam ordo Sapindales . U...

0 Response to "Suku Buxaceae"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email