Suku Hamamelidaceae

Suku Hamamelidaceae - Berupa pohon-pohan atau perdu dengan daun-daun tungal yang tersebar, mempunyai daun-daun penumpu. Bunga amat kecil, tersusun sebagai bunga majemuk dengan bentuk yang beraneka rupa. Antara lain berupa bulir atau bongkol, masing-masng bunga dengan hiasan bunga rangkap kadang-kadang mahkota tidak ada atau bunga sama sekali telanjang, banci atau berkelamin tunggal, ktinomorf. Kelopak dan mahkota berbilangan 4-5. Jarang lebih atau kurang. Putik dengan 2 tangkai putik, bakal buah kebanyakan tenggelam, beruang 2 yang kadang-kadang tidak sempurna, tiap ruang dengan satu sampai tak terhingga bakal biji yang bergantungan. Buahnya bua kendaga yang beruang 2, kalau masak seringkali pecah sepanjang sekat-sekatnya (septicide). Biji dengan endosperm dan lembaga yang lurus.
 
Kurang lebih 100 jenis termasuk dalam suku ini, terbagi dalam 25 marga, tersebar di daerah panas dan sedang kebanyakan di Asia Tenggara. contoh Liquidambar orientalis.
Liquidambar orientalis
sumber gambar : lh2treeid.blogspot.com
Title : Suku Hamamelidaceae
Description : Suku Hamamelidaceae - Berupa pohon-pohan atau perdu dengan daun-daun tungal yang tersebar, mempunyai daun-daun penumpu. Bunga amat kecil, ...

0 Response to "Suku Hamamelidaceae "

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email