RPP Protista


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                               :     SMA Negeri 4  Gorontalo
Kelas / Semester                 :     X (Sepuluh)/ Semester I
Mata Pelajaran                  :     Biologi
Alokasi waktu                     :    2 X 45 menit

Standar Kompetensi           : Memahami prinsip-prinsip pengelompokan   makhluk hidup

 

Kompetensi Dasar                : Mendeskripsikan ciri-ciri phylum dalam  kingdom Protista dan      peranannya bagi kehidupan.

 


Tujuan Pembelajaran         :     Peserta didik dapat:
1.               Menjelaskan cara perkembangbiakan protista
2.             Membuat charta cara – cara perkembangbiakan dan daur organisme Protista.
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Pembelajaran         :     Protista

Metode Pembelajaran        :     Model
                                                  -       Kooperatif  tipe Jigsaw
                                           
                                                  Metode
                                                  -       Ceramah
                                                  -       Diskusi kelompok
-          Tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan


a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
-          Pernah mendengar tentang penyakit Malaria ?
-          Bagaimana tanda – tanda seseorang terkena penyakit Malaria?
-          Apa yang menyebabkan seseorang terkena penyakit Malaria ?
           
      .     Prasyarat pengetahuan
-          Penjelasan tentang ciri – ciri umum protista mirip tumbuhan
             -     Penjelasan tentang ciri – ciri umum protista mirip hewan
            -     Penjelasan tentang ciri – ciri umum protista mirip jamur


b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan pengertian protista secara umum
F  Menjelaskan cara – cara perkembangbiakan protista
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok ( kelompok asal)
F  Guru membagikan materi dan soal yang sama pada setiap kelompok
F  Guru meminta anggota dari kelompok yang mendapatkan materi berbeda bergabung dalam kelompok yang baru dan mendiskusikan subbab mereka ( kelompok ahli)
F  Setelah selesai berdiskusi, guru meminta anggota kelompok ( kelompok ahli) bergabung dengan kelompok asal dan bergantian mengajarkan kepada teman satu tim tentang subbab yang mereka kuasai/
F  Guru meminta wakil kelompok asal untuk memaparkan hasil diskusi mereka
F  Guru memberikan penguatan dan membimbing peserta didik menyusun kesimpulan.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Menyimpulkan tentang materi yang sudah dibahas
F  Memberikan umpan balik kepada siswa terhadap proses dan hasil pembelajaran;

Sumber Belajar

a.    Internet
b.    Buku referensi lain yang relevan















Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Skor
-       Menjelaskan cara perkembangbiakan protista .
-       Membuat charta cara – cara perkembangbiakan dan daur organisme Protista.

Keaktifan dalam kelompok

Kemampuan menjelaskan konsep umum protista


Pengamatan Unjuk Kerja
Jelaskan secara umum mengenai
protista mirip jamur

Jelaskan secara umum mengenai
protista mirip tumbuhan

Jelaskan secara umum mengenai
protista mirip hewan

25


25

25



































Lembar Kegiatan Peserta Didik

Cara Kerja :

1.      Duduklah dalam kelompok asal sesuai yang telah dibagi oleh guru
2.      Masing – masing anggota kelompok membaca materi tentang protista
3.      Setiap anggota kelompok asal membagi tugas, yaitu membahas tentang

a)         Jelaskan secara umum mengenai protista mirip jamur
b)    Jelaskan secara umum mengenai protista mirip tumbuhan
c)    Jelaskan secara umum mengenai protista mirip hewan

4.      Tiap anggota kelompok yang mempelajari subbab yang sama bergabung menjadi kelompok baru ( kelompok ahli) dan mendiskusikan materi.
5.      Kembalilah ke kelompok asal dan memberikan informasi tentang subbab yang telah didiskusikan kepada teman satu kelompok
6.      Presentasikan hasil diskusi dari masing- masing kelompok
Title : RPP Protista
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah                                :     SMA Negeri 4   Gorontalo Kelas / Semester   ...

0 Response to "RPP Protista"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email