RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA Negeri 4 Gorontalo
Kelas / Semester :
X (Sepuluh)/ Semester I
Mata Pelajaran :
Biologi
Alokasi waktu : 2 X 45
menit
Standar
Kompetensi : Memahami prinsip-prinsip
pengelompokan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan ciri-ciri
phylum dalam kingdom Protista dan peranannya bagi kehidupan.
Tujuan Pembelajaran : Peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan cara perkembangbiakan protista
2.
Membuat charta cara – cara perkembangbiakan dan
daur organisme Protista.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pembelajaran : Protista
Metode
Pembelajaran : Model
-
Kooperatif tipe Jigsaw
Metode
-
Ceramah
-
Diskusi kelompok
-
Tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Pernah mendengar
tentang penyakit Malaria ?
-
Bagaimana tanda –
tanda seseorang terkena penyakit Malaria?
-
Apa yang
menyebabkan seseorang terkena penyakit Malaria ?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Penjelasan
tentang ciri – ciri umum protista mirip tumbuhan
- Penjelasan tentang ciri – ciri umum
protista mirip hewan
- Penjelasan
tentang ciri – ciri umum protista mirip jamur
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Menjelaskan
pengertian protista secara umum
F
Menjelaskan cara
– cara perkembangbiakan protista
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Guru membimbing
peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F
Guru membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok ( kelompok asal)
F
Guru membagikan materi
dan soal yang sama pada setiap kelompok
F
Guru meminta
anggota dari kelompok yang mendapatkan materi berbeda bergabung dalam kelompok
yang baru dan mendiskusikan subbab mereka ( kelompok ahli)
F
Setelah selesai
berdiskusi, guru meminta anggota kelompok ( kelompok ahli) bergabung dengan
kelompok asal dan bergantian mengajarkan kepada teman satu tim tentang subbab
yang mereka kuasai/
F
Guru meminta wakil kelompok asal untuk memaparkan hasil diskusi
mereka
F
Guru memberikan
penguatan dan membimbing peserta didik menyusun kesimpulan.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F
Guru bersama
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Menyimpulkan
tentang materi yang sudah dibahas
F
Memberikan umpan
balik kepada siswa terhadap proses dan hasil
pembelajaran;
Sumber Belajar
a.
Internet
b.
Buku referensi
lain yang relevan
Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Skor
|
-
Menjelaskan cara perkembangbiakan protista .
- Membuat charta cara – cara
perkembangbiakan dan daur organisme Protista.
|
Keaktifan dalam kelompok
Kemampuan menjelaskan konsep umum protista
|
Pengamatan Unjuk Kerja
|
Jelaskan secara umum
mengenai
protista mirip jamur
Jelaskan secara umum
mengenai
protista mirip tumbuhan
Jelaskan secara umum
mengenai
protista mirip hewan
|
25
25
25
|
Lembar Kegiatan Peserta Didik
Cara Kerja :
1.
Duduklah dalam kelompok asal sesuai yang telah
dibagi oleh guru
2.
Masing – masing anggota kelompok membaca materi
tentang protista
3.
Setiap anggota kelompok asal membagi tugas,
yaitu membahas tentang
a)
Jelaskan secara
umum mengenai protista mirip jamur
b) Jelaskan
secara umum mengenai protista mirip tumbuhan
c) Jelaskan secara umum mengenai protista
mirip hewan
4.
Tiap anggota
kelompok yang mempelajari subbab yang sama bergabung menjadi kelompok baru (
kelompok ahli) dan mendiskusikan materi.
5.
Kembalilah ke
kelompok asal dan memberikan informasi tentang subbab yang telah didiskusikan kepada
teman satu kelompok
6.
Presentasikan
hasil diskusi dari masing- masing kelompok
Title : RPP Protista
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMA Negeri 4 Gorontalo Kelas / Semester ...
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMA Negeri 4 Gorontalo Kelas / Semester ...
0 Response to "RPP Protista"
Post a Comment
Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda