Subkelas MAGNOLIIDAE

Subkelas Magnoliidae

Dasar Teori
Subkelas Magnoliidae memiliki karakteristik yang sangat beragam. Misalnya habitusnya mulai dari pohon atau tumbuhan berkayu sampai herba. Perhiasan bunga ada yang berupa perigonium, ada yang bisa dibedakan antara sepal dan petal, ada juga yang bunganya tereduksi dan tidak memiliki perhiasan bunga. Akan tetapi subkelas Magnoliidae ini mempunyai beberapa karakteristik yang menunjukkan keprimitifan yaitu umumnya polanya termasuk uniaperture, gynoeciumnya apocarpus dan berstamen banyak dalam rangkaian sentripetal.

Subkelas Magnoliidae terdiri atas 8 ordo dan jumlah anggotanya kurang lebih 12.000 spesies. Kedelapan ordo tersebut adalah Magnoliales, Laurales, Piperales, Aristolochiales. Illiclales, Nymphales, Ranunculales, dan Papverales. Tidak semua ordo akan dibahas dalam kegiatan praktikum ini, tetapi hanya 4 ordo yang sering kita temui sehari-hari dan sebagian mempunyai nilai ekonomis. Ordo yang akan dibahas adalah Magnoliales yang akan diwakili oleh familia Magnoliaceae dan Annonaceae, ordo Laurales yang diwakili oleh familia Lauraceae, ordo Piperales diwakili oleh familia Piperaceae dan ordo Nymphales yang diwakili oleh Nymphaceae.

1. Ordo Magnoliales
Familia Magnoliaceae
Tumbuhan berkayu, habitusnya pohon dan atau perdu, dengan daun-daun tunggal yang duduknya tersebar, tanpa atau dengan daun penumpu, kadang-kadang dengan daun penumpu yang besar, serta pertulangan daun yang menyirip. Bunga banci atau berkelamin tunggal, aktinomorf, kebanyakan mempunyai hiasan bunga yang jelas dapat dibedakan antara kelopak dan mahkotanya, tetapi tidak jarang terdapat daun tenda bunga dalam jumlah besar yang tersusun dalam spiral tanpa perbedaan yang jelas antara kelopak dan mahkotanya. Benang sari banyak, teratur dalam spiral pada perpanjangan dasar bunga. Bakal buah juga banyak. Buahnya buah kendaga, buah kurung, atau buah buni yang terkumpul merupakan buah ganda dengan tipe plasenta marginalis dan apokarp. Biji dengan banyak endosperm dan lembaga yang kecil.
Contoh dari tumbuhan yang termasuk kedalam familia Magnoliceae diantaranya Michelia champaka (cempaka bunga kuning), Michelia alba (cempaka bunga putih), Manglieta glauca (manglid).

Familia Annonaceae
Tumbuhan berkayu, habitusnya pohon atau perdu, dengan daun tunggal yang duduknya tersebar atau berseling, tanpa daun penumpu. Bunga banci, jarang berkelamin tunggal, aktinomorf, kaliks dan korola biasanya kelipatan 3, korola dalam 2 lingkaran. Benang sari banyak, bakal buah 1 sampai banyak, bebas satu sama lain, masing-masing berisi banyak atau bakal biji saja, letaknya pada kampuh perut atau basal, tiap bakal biji mempunyai 2 integumen. Buah kebanyakan berupa buah buni, kadang-kadang berupa buah ganda. Biji dengan endosperm berbelah dan lembaga yang kecil.
Contoh tumbuhan yang termasuk kedalam familia Annonaceae diantaranya Annona muricata (sirsak), Annona reticulate (buah nona), Annona squomosa (sarikaya), dan Canang odonata (kenanga).

2. Ordo Laurales
Familia Lauraceae
Familia Lauraceae meliputi tumbuh-tumbuhan berkayu, habitus berupa pohon atau perdu yang aromatik, dengan daun-daun tunggal yang duduknya tersebar, kadang-kadang berhadapan, tidak mempunyai daun penumpu. Bunga banci atau berkelamin tunggal, dengan tenda bunga berbilangan 2 sampai 5, tertanam pada tepi sumbu bunga yang berbentuk mangkuk atau piala tersusun dalam 2 lingkaran. Benang sari tersusun dalam 3 sampai 4 lingkaran, tiap lingkaran terdiri atas sejumlah benang sari yang sama dengan jumlah daun-daun tenda bunga dalam lingkarannya, yang pada lingkaran dalam sering bersifat mandul sebagai staminodium. Kepala sari membuka dengan katup. Bakal buah menumpang atau terdapat dalam lekukan dasar bunganya, Buah untuk sebagian terbalut oleh sumbu bangsanya yang membesar, berupa buah buni atau meyerupai buah batu, sering sebagian tertutup dengan hypanthium yang mendaging. Biji tanpa endosperm.
Contoh tumbuhan yang termasuk kedalam familia Lauraceae diantaranya Persea americana (alpukat), Casytha filiformis (tali putri), dan lain-lain.

3. Ordo Piperales
Familia Piperaceae
Terna atau tumbuh-tumbuhan berkayu seringkali memanjat dengan batang berbuku. Daun tunggal yang duduknya tersebar atau berkarang dengan atau tanpa daun-daun penumpu, dan biasanya daun berbentuk jantung. Bunga tersusun dalam bunga majemuk yang disebut bunga lada (amentum), masing-masing kecil tanpa hiasan bunga, berkelamin tunggal atau banci dengan 1-10 benang sari : putik terdiri 1-6 dan buah (kebanyakan 3), dengan 1-6 kepala putik. Buahnya buah batu atau buah buni, jadi dengan endosperm dan perisperm. Dalam biji terdapat sel-sel minyak atsiri sehingga seluruhnya berbau aromatis yang khas. Batang dengan berkas-berkas pengangkutan yang pada penampang melintang tersebar atau tersusun dalam bentuk lingkaran.
Contoh tumbuhan yang termasuk kedalam familia Piperaceae diantaranya Piper nigrum (lada), Piper betle (sirih), Piper aduntum (kiseureuh), dan lain-lain.

4. Ordo Nymphales
Familia Nymphaceae
Tumbuhan air atau hidrofita yang tumbuh di rawa-rawa atau daerah-daerah yang tergenang air, terapung atau mempunyai akar yang dapat mencapai dasar air. Daun-daun terapung di air atau tenggelam, tetapi ada pula yang muncul di atas air. Bertangkai panjang dan biseksual, serta bergetah dan memiliki rhizome. Bunga terpisah-pisah, aktinomorf dengan tenda bunga berbilangan 3 sampai banyak yang berfungsi sebagai daun kelopak, atau hanya 6 daun tenda bunga yang tersusun dalam 2 lingkaran. Benang sari 3 sampai banyak , sebagian besar bersifat steril dan berubah menjadi bagian-bagian yang menyerupai daun-daun mahkota. Polen uniaperture. Bakal buah menumpang atau setengah tenggelam, seringkali tersebar dalam dasar bunganya. Buahnya buah kurung atau menyerupai buah buni. Biji mempunyai salut biji, kebanyakan dengan endosperm dan perisperm, lembaga lurus.
 Contoh tumbuhan yang termasuk kedalam famillia Nymphaceae dintaranya Nymphae nouchali  (teratai bunga putih), Nymphae stellata (teratai bunga merah/ros), dan lain-lain.


Title : Subkelas MAGNOLIIDAE
Description : Subkelas Magnoliidae Dasar Teori Subkelas Magnoliidae memiliki karakteristik yang sangat beragam. Misalnya habitusnya mulai dari pohon ...

0 Response to "Subkelas MAGNOLIIDAE"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email