Annona muricata L (Sirsak)


Sirsak
Annona muricata L.
Nama umum sirsak
Indonesia:Sirsak, nangka sabrang, nangka walanda
Inggris:Soursop
Melayu:Durian Belanda, Durian Benggaka,
Vietnam:Mang Cau Xiem
Thailand:Thurian Thet, Thurian Khaek
Pilipina:Guyabano, Atti, Illabanos
Annona muricata
Sirsak

Klasifikasi sirsak
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Magnoliidae
                         Ordo: Magnoliales
                             Famili: Annonaceae
                                 Genus: Annona
                                     Spesies: Annona muricata L.

Deskripsi Sirsak
Sirsak atau durian belanda (Annona muricata) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda, zuurzak) didatangkan oleh pemerintah kolonial Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19.
Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh disembarang tempat, paling banyak ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi m9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dia atas permukaan laut.

Deskripsi Morfologi Sirsak (Annona muricata)
    Pohon dengan tinggi 3-8 m. Daunnya memanjang, berbentuk lanset atau bulat telur terbalik, ujung meruncing pendek, daging daun seperti kulit, dengan panjang 6-8 cm, bertepi rata. Bunga berdiri sendiri berhadapan dengan daun, dengan bau tidak enak. Daun kelopak kecil. Daun mahkota berdaging, 3 yang terluar hijau, kemudian kuning, dengan panjang 3,5-5 cm, 3 yang terdalam bulat telur, berwarna kuning muda. Daun kelopak dan daun mahkota yang terluar pada kuncup tersusun seperti katup, daun mahkota terdalam secara genting. Dasar bunga cekung sekali. Memiliki benang sari yang banya. Penghubung ruang sari di atas ruang sari melebar, menutup ruangnya dan berwarna putih. Bakal buahnya banyak, hanya memiliki 1 bakal biji. Tangkai putik langsing dan berambut. Kepala putik silindris.

Kandungan kimia Sirsak (Annona muricata)
Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak. Mengandung senyawa Cytotoxic. Bijinya beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami, seperti juga biji srikaya.

Manfaat Sirsak (Annona muricata)
Masyarakat Amazon menggunakan berbagai bagian pohon sirsak sebagai bahan obat tradisional (jamu). Sejak dahulu tumbukan bijinya dikenal sebagai pestisida alami yang ramah lingkungan namun efektif menangkal hama. Tahun 1988 zat annonin berhasil di isolasi dari biji sirsak dan sejak saat itu digunakan sebagai campuran shampoo anti ketombe dan kosmetik untuk kecantikan kulit. Awal tahun 1990-an dimulai penelitian mengenai zat anti kanker pada daun sirsak.
Ditemukan 34 senyawa Cytotoxic yang mampu menghambat hingga membunuh sel-sel tubuh yang tumbuh ganas (sel kanker). Kini diketahui bahwa zat annonaceous acetogenin dalam daun sirsak 10.000 kali lebih kuat membunuh sel-sel kanker daripada zat Adriamycin yang biasa dipakai dalam pengobatan kemoterapi. Zat ini dapat membunuh sel-sel kanker usus, prostat, paru-paru, payudara, dan pankreas, tanpa merusak/menggangu sel-sel tubuh yang sehat.
Title : Annona muricata L (Sirsak)
Description : Sirsak Annona muricata L. Nama umum sirsak Indonesia: Sirsak, nangka sabrang, nangka walanda Inggris: Soursop Melayu: Durian Bela...

0 Response to "Annona muricata L (Sirsak)"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email