defenisi statistika

Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah ‘statistika’ berbeda dengan ‘statistik’ (statistik). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data. Dari kumpulan data, statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasisampelunit sampel, dan probabilitas. 

Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial, maupun di bidang bisnisekonomi, dan industri). Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan. 

Statistika dipakai untuk menyatakan kumpulan data, bilangan maupun non bilangan yang disusun dalam table dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. Statistic yang menjelaskan sesuatu hal biasanya diberi nama statistic mengenai hal yang bersangkutan, sehingga kita kenal statistic penduduk, statistic kelahiran, statistic pendidikan, statistic pertanian, statistic kesehatan dan masih banyak lagi.

Makna lain dari statistk adalah untuk menyatakan ukuran sebagai wakil dari kumpulan data mengenai sesuatu hal. Ukuran ini diperoleh berdasarkan perhitungan menggunakan kumpulan sebagian data yang diambil dari keseluruhan tentang persoalan tersebut. Sebagai contoh kita menggunakan istilah persen atau rata-rata. Statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan data, atau analisis data serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukan. 

Dua jalan untuk mempelajari statistika. Pertama, jika ingin membahas statistika secara mendasar, mendalam dan teoritis, maka yang dipelajari digolongkan dalam statistika matematis atau statistika teoritis. Kedua, mempelajari statistika semata-mata dari segi penggunaanya. Aturan, sifat yang diciptakan secara teoritis diambil dan digunakan mana yang perlu dalam berbagai bidang pengetahuan. Jadi yang dipersoalkan bukan dari didapatnya rumus-rumus, melainkan hanya dipentingkan bagaimana cara, teknik atau metoda statistika digunakan.



Title : defenisi statistika
Description : Statistika Statistika  adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresenta...

0 Response to "defenisi statistika"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email