Praktikum Variasi Kontinyu dan Stokiometri

Praktikum Variasi Kontinyu dan Stokiometri

A.    Judul : Variasi Kontinyu dan Stokiometri


B.     Tujuan :

- Mahasiswa dapat mengamati salah satu cara untuk mempelajari stokiometri beberapa reaksi.

- Dapat menentukan temperature optimum beberapa reaksi stokiometri system



C.    Dasar teori

Dasar percobaan ini adalah metode JOB atau metode variasi kontinyu. Dalam metode ini dilakukan sederetan pengamatan yang kuantitas molar totalnya sama, tetapi masing-masing  kuantitas molar pereaksinya berubah-ubah (bervariasi). Salah satu sifat fisika tertentu dipilih untuk diperiksa seperti misalnya massa, volume, suhu, dan daya serap. Oleh karna kuantitas pereaksinya berlainan, maka perubahan harga sifat-sifat  fisika dari system ini dapat digunakan untuk meramal stokiometri system.  Bila digambarkan grafik aluran sifat fisika yang diamati (diukur) terhadap kuantitas pereaksinny, maka akan diperoleh suatu titik maksimum atau minimum yang sesuai dengan titik stokiometri system. Yaitu yang menyatakan perbandingan pereaksi-pereaksi dalam senyawa. Perhatikan misalnya percobaan untuk perak nitrat kalium kromat air dengan metode-metode variasi kontinyu. Volume dan jumlah mol dari 0,24 M larutan AgNO3 dan dari larutan 0,24 M larutan K2CrO4 yang digunakan untuk kesembilan percobaan.

Kosentrasi pereaksi dibuat sehingga pada setiap percobaan, jumlah mol pereaksi total sama dengan 1,2 x 10-3 dan jumlah volume total sama dengan 50,0 ml. tetapi untuk deret itu seluruhnya jumlah mol AgNO3  bervariasi dari 1,2 x10-3 -10,8 x 10-3 dan jumlah mol K2CrO4 bervariasi dari 10,8 x 10-3 sampai 1,2 x 10-3. Sesudah kuantitas-kuantitas pereaksi itu di campur, maka endapan yang disaring kemudian dicuci, lalu dikeringkan dan ditimbang massa endapan dari setiap percobaan.

Title : Praktikum Variasi Kontinyu dan Stokiometri
Description : Praktikum Variasi Kontinyu dan Stokiometri A.     Judul :   Variasi Kontinyu dan Stokiometri B.      Tujuan : - Mahasiswa dap...

0 Response to "Praktikum Variasi Kontinyu dan Stokiometri"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email