GYMNOSPERMAE

Gymnospermae berasal dari bahasa Yunani yaitu, Gymno : terbuka atau telanjang dan sperma: biji. Anggota Gymnospermae memiliki ciri utama berupa bakal biji yang tumbuh pada permukaan megasporafil (daun buah). Tumbuhan ini memiliki habitus semak, perdu, atau pohon. Akarnya merupakan akar tunggang, batang tumbuhan tegak lurus dan bercabang-cabang. Gymnospermae tidak memiliki bunga yang sesungguhnya, sporofil terpisah-pisah atau membentuk stabilus jantan dan strobilus betina. Umumnya berkelamin tunggal namun ada juga yang berkelamin dua. Penyerbukan pada gymnospermae hampir selalu dengan cara anemogami (bantuan angin) Tumbuhan biji terbuka merupakan kelompok tumbuhan yang bijinya tidak tertutup oleh daun buah sehingga tampak dari luar.


1.1    Tumbuhan kelompok Gymnospermae mempunyai ciri, yaitu :

1. Bakal biji tidak terlindungi oleh daun buah.
2. Berakar tunggang.
3  Umumnya berupa pohon.
4. Mempunyai akar, batang, dan daun sejati.
5 .Daun tumbuhan Gymnospermae beraneka ragam bentuk, ada yang lebar, tunggal, ada yang majemuk, ada pula yang berbentuk jarum. Secara umum, tumbuhan Gymnospermae tergolong memiliki daun yang sempit, tebal, dan sedikit kaku.
6. Tumbuhan biji terbuka merupakan kelompok tumbuhan yang bijinya tidak tertutup oleh daun buah sehingga tampak dari luar.



1.2    Reproduksi Gymnospermae
Tumbuhan Gymnospermae bereproduksi secara generatif dengan melibatkan sel kelamin jantan (dihasilkan oleh strobilus jantan) dan sel betina (dihasilkan oleh strobilus betina).


1.3    siklus hidup Gymnospermae secara umum 
Berbeda dengan tumbuhan paku, pada gymnospermae embrio yang berkembang tidak lagi dilindung oleh generasi gametofit, melainkan dilindungi oleh generasi sporofit induknya, bukan hanya itu, suplai nutisi juga berasal dari induknya. Persebaran spesiesnya juga tidak lagi dengan spora sebagaimana pada paku, namun persebaran telah diambil alih oleh biji

1.4    Klasifikasi Gymnospermae secara umum

 Gymnospermae dibagi dalam empat kelompok yaitu :



Title : GYMNOSPERMAE
Description : Gymnospermae berasal dari bahasa Yunani yaitu, Gymno : terbuka atau telanjang dan sperma : biji. Anggota Gymnospermae memiliki ciri utama b...

0 Response to "GYMNOSPERMAE"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email