RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
SATUAN PENDIDIKAN :
SMP N.........
MATA PELAJARAN :
BIOLOGI
KELAS / SEMESTER :
IX / 2 ( GENAP )
ALOKASI WAKTU :
3 X 40 MENIT
Standar Kompetensi :
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar :
2.3 Mendeskripsikan
proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
Indikator:
1.
Mendeskripsikan
sifat-sifat yang diturunkan oleh induk kepada keturunannya.
A. Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat membedakan konsep kromosom, gen dan alel.
2. Siswa dapat membedakan sifat yang
ditentukan oleh gen yang diturunkan pada keturunannya
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
1.
Pewarisan
sifat
C. Metode Pembelajaran
1. Metode : Diskusi, dan Tanya jawab
2. Model Pembelajaran : Cooperative Learning
Tipe:
group investigation
D. Media pembelajaran
1.
LCD
2.
LKS
E. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan
a. Mempersiapkan kelas
b. Apersepsi:
F Memanggil dua orang
siswa di
depan kelas, kemudian menanyakan kepada siswa lain perbedaan dan
persamaan keduanya.
F Menanyakan pada siswa ”mengapa terjadi
variasi atau perbedaan keduanya”
c. Prasyarat Pengetahuan :
F Siswa telah memahami ciri-ciri makhluk
hidup.
2.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan proses pewarisan sifat.
F Menjelaskan faktor-faktor yang berperan dalam
pewarisan sifat .
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara
peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membagi siswa menjadi 3 kelompok yang
heterogen.
F Memberikan penjelasan tentang tujuan yang
hendak dicapai dalam diskusi kelompok
F Memanggil ketua
kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari
kelompok lain .
F Masing-masing
kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat
penemuan.
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah,
dan bertindak tanpa rasa takut.
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan
kolaboratif.
F Setelah selesai
diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok . dan selanjutnya di tanggapi oleh kelompok
lain.
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja kelompok.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta
didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh
pengalaman belajar yang telah dilakukan,
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E.
Sumber Belajar
1.
Buku sekolah elektronik IPA SMP kelas IX
edisi 4
2.
Buku sekolah
elektronik mari belajar Ilmu Alam Sekitar panduan belajar IPA terpadu kelas IX
SMP/MTS.
Title : RPP pewarisan sifat
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SATUAN PENDIDIKAN : SMP N......... MATA PELAJARAN ...
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SATUAN PENDIDIKAN : SMP N......... MATA PELAJARAN ...
0 Response to "RPP pewarisan sifat"
Post a Comment
Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda