RPP pewarisan sifat



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

SATUAN PENDIDIKAN               : SMP N.........
MATA PELAJARAN                      : BIOLOGI
KELAS / SEMESTER                  : IX / 2 ( GENAP )
ALOKASI WAKTU                        : 3 X 40 MENIT

Standar Kompetensi :
2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar :
2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.

Indikator:
1.      Mendeskripsikan sifat-sifat yang diturunkan oleh induk kepada keturunannya.

A. Tujuan Pembelajaran
1.  Siswa dapat membedakan konsep kromosom, gen dan alel.

2. Siswa dapat membedakan sifat yang ditentukan oleh gen yang diturunkan pada keturunannya

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
1.      Pewarisan sifat

C.     Metode Pembelajaran
         1.   Metode                                 :     Diskusi, dan Tanya jawab
        2. Model Pembelajaran               :     Cooperative Learning
                                                                  Tipe: group investigation
D.     Media pembelajaran
1.     LCD
2.     LKS
E. Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
a. Mempersiapkan kelas
b. Apersepsi:
F Memanggil dua orang siswa di depan kelas, kemudian menanyakan kepada siswa lain perbedaan dan persamaan keduanya.
F Menanyakan pada siswa ”mengapa terjadi variasi atau perbedaan keduanya
            c.      Prasyarat Pengetahuan :
F Siswa telah memahami ciri-ciri makhluk hidup.
2.      Kegiatan Inti:
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan proses pewarisan sifat.
F Menjelaskan faktor-faktor yang berperan dalam pewarisan sifat .
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Membagi siswa menjadi 3 kelompok yang heterogen.
F Memberikan penjelasan tentang tujuan yang hendak dicapai dalam diskusi kelompok
F Memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain    .
F Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan.       
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
F Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok     . dan selanjutnya di tanggapi oleh kelompok lain.
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja kelompok.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E.      Sumber Belajar
1.      Buku sekolah elektronik IPA SMP kelas IX edisi 4
2.      Buku sekolah elektronik mari belajar Ilmu Alam Sekitar panduan belajar IPA terpadu kelas IX SMP/MTS.
Title : RPP pewarisan sifat
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) SATUAN PENDIDIKAN                : SMP N......... MATA PELAJARAN                      ...

0 Response to "RPP pewarisan sifat"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email