RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 1, 2, dan 3
Alokasi
Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan.
Tujuan : 1. Siswa mampu memahami
konsep pertumbuhan dan faktor yang mempengaruhinya
2. Siswa mampu menyusun rencana penelitian pengaruh faktor tertentu terhadap pertumbuhan
======================================================================
I.
Indikator
·
Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
·
Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang
ditemukan
·
Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah
dirumuskan
·
Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis
·
Menyusun unit-unit penelitian
·
Membuat tabel pengamatan
·
Menyusun rencana penelitian tertulis
II.
Materi Ajar
·
Pengertian pertumbuhan dan perkembangan
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan
1. faktor internal
2. faktor eksternal
·
Menyusun rencana penelitian
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Penugasan – Presentasi
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa untuk mengidentifikasi adanya gejala
pertumbuhan terutama pada tumbuhan.
·
Siswa bersama guru merumuskan pengertian pertumbuhan.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perkembangan biji dan
bakal buah.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan pertumbuhan primer dan
sekunder pada tumbuhan.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh beberapa faktor
luar (eksternal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa faktor dalam
(internal) terhadap pertumbuhan tumbuhan.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep pertumbuhan
dan faktor yang mempengaruhinya untuk mengambil kesimpulan.
·
Guru menugaskan siswa untuk melaksanakan eksperimen
dengan Kegiatan 1.1. Pertumbuhan dan perkembangan pada buku halaman 16 di rumah.
Pertemuan 2 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru menanyakan hasil penugasan dari Kegiatan 1.1.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan penerapan metode ilmiah
dengan menggunakan Kegiatan 1.1.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Guru membagi siswa dalam kelas menjadi beberapa kelompok.
·
Guru menugaskan siswa dalam kelompok untuk membuat
rencana penelitian untuk menguji adanya pengaruh faktor tertentu terhadap
pertumbuhan dengan menggunakan Proyek di buku halaman. 23.
·
Siswa dalam kelompok berdiskusi untuk penyusunan rencana
penelitian.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru mengecek hasil masing-masing kelompok apabila belum
selesai dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
·
Guru menugaskan siswa untuk mempersiapkan presentasi
hasil diskusi pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan 3 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Siswa dibantu guru mempersiapkan ruang kelas untuk
presentasi.
·
Guru mengatur urutan kelompok untuk presentasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Masing-masing kelompok secara bergantian melakukan
presentasi.
·
Siswa yang tidak presentasi memberikan tanggapan, saran,
dan usulan.
·
Guru memberikan penilaian dan saran untuk perbaikan
rencana penelitian setelah satu kelompok tampil presentasi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru menugaskan siswa untuk melakukan penelitian secara
mandiri sesuai dengan rencana penelitian yang sudah disepakati.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Riandari Henrry
· Alat
bantu presentasi
VI.
Penilaian
· Tugas
kelompok penyusunan proposal
· Presentasi
proposal penelitian
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : -
Alokasi
Waktu : 0 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar
terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan : Siswa
mampu melaksanakan penelitian pengaruh beberapa faktor yang mempengaruhi
pertumbuhan, mencatat hasil, dan menyusun laporan
====================================================================
I.
Indikator
·
Menyiapkan alat dan bahan
·
Memberikan perlakuan
·
Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan
·
Menganalisis data hasil pengamatan
·
Menyimpulkan hasil penelitian
·
Menyusun laporan tertulis hasil penelitian
II.
Materi Ajar
·
Membuat unit-unit penelitian
·
Memberi perlakuan
·
Mengukur kecepatan pertumbuhan
·
Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan
·
Mengolah data hasil pengamatan
·
Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah
·
Melaporkan hasil penelitian
III.
Metode Pembelajaran
Eksperimen
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Seluruh kegiatan dilaksanakan secara mandiri oleh
kelompok. Sambil menunggu semua kelompok selesai melakukan penelitian dan
mempresentasikan hasilnya kegiatan belajar dapat dilanjutkan dengan KD
selanjutnya.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku
kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI.
Penilaian
· Tugas
laporan hasil penelitian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 4 dan 5
Alokasi
Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Melakukan percobaan pertumbuhan dan
perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar : 1.3 Mengkomunikasikan hasil
percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
Tujuan : Siswa dapat mengkomunikasikan hasil penelitian secara tertulis dan lisan.
======================================================================
I.
Indikator
· Mempresentasikan hasil
penelitian secara lisan
II.
Materi Ajar
· Tehnik presentasi
III. Metode Pembelajaran
Penugasan - Diskusi- Presentasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 4 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menjelaskan teknis pelaksanaan presentasi.
·
Guru mengatur urutan presentasi tiap kelompok.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya.
Siswa lain yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru memberi penilaian umum pelaksanaan presentasi.
Pertemuan 5 (2 X 45 menit)
A. Kegiatan awal (5 menit)
·
Guru memberi kesempatan kelompok untuk presentasi sesuai
dengan urutan yang sudah disepakati.
B. Kegiatan inti (75 menit)
·
Siswa dalam kelompok mempresentasikan hasil penelitiannya.
Siswa yang tidak presentasi memperhatikan dan memberi tanggapan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru memberikan kesimpulan akhir presentasi.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku
kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
· Alat
bantu presentasi
VI. Penilaian
· Presentasi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 6 dan 7
Alokasi
Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada
organisme
Kompetensi Dasar : 2.1
Mendeskripsikan
fungsi enzim dalam proses metabolisme
Tujuan : 1.
Siswa mampu menjelaskan struktur enzim
dan fungsinya dalam reaksi metabolisme
2. Siswa mampu menguji prinsip kerja enzim
dengan eksperimen
=====================================================================
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan struktur enzim
·
Menguji kerja enzim dengan enzim
·
Menyimpulkan prinsip kerja enzim
II.
Materi Ajar
·
Struktur enzim
·
Prinsip kerja enzim
III. Metode Pembelajaran
Eksperimen
- Dikusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
6 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru menunjukkan beberapa aktivitas yang membutuhkan
energi.
·
Guru menanyakan asal energi yang digunakan oleh tubuh.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan pengertian metabolisme.
·
Guru bersama mendiskusikan peranan enzim dalam reaksi
metabolisme.
B.
Kegiatan inti (60 menit)
·
Siswa bersama guru
mendiskusikan struktur enzim.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan cara kerja enzim.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan sifat-sifat enzim sebagai
biokatalisator.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang
mempengaruhi kerja enzim.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Guru menyimpulkan peranan, struktur, cara kerja, dan
faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
·
Guru membagi kelompok untuk Kegitan praktikum 2.1 pada
pertemuan, berikutnya dan menugaskan masing-masing kelompok untuk membawa hati
untuk kegiatan praktikum.
Pertemuan
7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru membagi kelompok dan meminta siswa untuk menyiapkan
eksperimen. pengaruh konsentrasi substrat terhadap aktivitas enzim dengan
menggunakan Kegiatan 2.1.
·
Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan 2.1
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Siswa melakukan eksperimen dengan Kegiatan 21.
·
Siswa mencatat hasil pengamatan.
·
Siswa menyimpulkan hasil eksperimen dan menjawab
pertanyaan untuk diskusi.
·
Siswa menyusun laporan hasil praktikum.
C.
Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil praktikum.
·
Siswa mengumpulkan laporan.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku
kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Laporan
hasil praktikum
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 8 , 9, 10 , 11, dan 12
Alokasi
Waktu : 10 × 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami pentingnya proses metabolisme pada
organisme
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan
anabolisme karbohidrat
Tujuan : Siswa dapat membedakan dan mendeskripsikan proses katabolisme dan
anabolisme karbohidrat
======================================================================
I. Indikator
·
Mendefinisikan pengertian metabolisme
·
Menguji reaksi respirasi dengan eksperimen
·
Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi
·
Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP
yang dihasilkan
·
Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen
·
Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis
II. Materi Ajar
·
Proses respirasi
·
Tahap-tahap reaksi respirasi
·
Proses fotosintesis
·
Tahap-tahap reaksi fotosintesis
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Eksperimen-Penugasan
VI.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
8 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan pengertian katabolisme dan contoh reaksi
katabolisme.
·
Guru menunjukkan beberapa gejala yang menunjukkan adanya
proses respirasi.
·
Guru bersama siswa mendiskusikan peranan respirasi bagi
manusia.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Guru menjelaskan reaksi umum respirasi.
·
Guru meminta siswa dalam kelompok mendiskusikan cara
membuktikan reaksi respirasi.
·
Siswa menjelaskan cara membuktikan reaksi respirasi hasil
diskusi kelompok.
C.
Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru bersama siswa menyimpulkan proses respirasi.
·
Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi sebenarnya
merupakan rangkaian banyak reaksi yang dapat dikelompokkan menjadi glikolisis,
siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·
Guru menugaskan siswa mempelajari tahap-tahap reaksi
respirasi.
Pertemuan
9 (2 × 45 menit)
A.
Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru menjelaskan bahwa reaksi respirasi bukanlah merupakan
reaksi tunggal, tetapi merupakan rangkaian reaksi yang dapat dikelompokkan
menjadi glikolisis, siklus Krebs, dan sistem transpor elektron.
·
Dengan menggunakan Gambar 2.15, guru menjelaskan hubungan
antara ketiga tahap reaksi tersebut dalam proses respirasi.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Dengan menggunakan Gambar 2.16, siswa mendiskusikan
tahap-tahap reaksi glikolisis.
·
Berdasarkan tahap-tahap reaksi glikolisis siswa
mendiskusikan pengertian glikolisis dilihat dari aspek zat yang masuk, hasil,
dan tempat berlangsungnya.
·
Dengan menggunakan Gambar 2.17, siswa mendiskusikan
tahap-tahap reaksi pada siklus Krebs.
·
Berdasarkan tahap-tahap siklus Krebs siswa menyimpulkan
pengertian siklus krebs dilihat dari zat yang masuk, hasil, dan tempat
berlangsungnya.
·
Dengan menggunakan Gambar 2.18, siswa mendiskusikan
proses transpor elektron dan hasilnya.
C.
Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan hasil repirasi apabila
yang masuk dalam reaksi fotosintesis adalah glukosa.
Pertemuan 10 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru menjelaskan bahwa makhluk hidup dapat melakukan dua
macam reaksi repirasi yaitu respirasi aerob dan anaerob.
·
Siswa mendiskusikan perbedaan pengertian reaksi aerob dan
anaerob.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara
respirasi anaerob dan fermentasi.
B. Kegiatan inti (50 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa reaksi
fermentasi.
·
Siswa menyimpulkan jumlah ATP yang dihasilkan dalam
fermentasi.
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan perbedaan reaksi repirasi
aerob dan anaerob dilihat dari ATP yang dihasilkan.
Pertemuan 11 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa untuk mempersiapkan Kegiatan 2.2 (daun
Geranium sudah disiapkan beberapa hari sebelumnya.
·
Siswa mengambil alat dan bahan yang dibutuhkan untuk
kegiatan eksperimen.
B.
Kegiatan inti (40 menit)
·
Siswa melakukan kegiatan pengujian daun Geranium dengan menggunakan Kegiatan 2.2.
·
Siswa mencatat hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (40 menit)
·
Guru menjelaskan reaksi umum fotosintesis
·
Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara hasil
eksperimen dengan reaksi fotosintesis.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan struktur daun dan bagian
daun (kloroplas) tempat berlangsungnya fotosintesis.
Pertemuan 12 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru menjelaskan pengertian reaksi anabolisme.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan contoh reaksi fotosintesis dan kemosintesis sebagai contoh
reaksi anabolisme.
·
Guru mengingatkan kembali stuktur kloroplas (grana dan
stroma) dan peranannya dalam fotosintesis.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan pengikatan energi cahaya
matahari dalam reaksi terang
fotosintesis dan hasilnya.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan penggunaan hasil reaksi
terang untuk pembentukan glukosa dalam reaksi gelap (siklus Calvin).
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa menyimpulkan proses fotosintesis dan hasilnya.
·
Guru menugaskan siswa siswa membuat bagan atau skema proses
metabolisme dengan Kegiatan 2.3. Media yang digunakan bebas bisa berupa kertas
maupun menggunakan power point.
V. Alat/
Bahan/ Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis
· Buku
kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Laporan
hasil praktikum
· Uji
kompetensi tertulis
· Bagan
proses metabolisme
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 13
Alokasi
Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami pentingnya proses metabolisme pada
organisme
Kompetensi Dasar : 2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
Tujuan : Siswa
mampu membedakan dan menjelaskan keterkaitan antara metabolisme karbohidrat
dengan metabolisme lemak dan protein
=======================================================================
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan
karbohidrat
II.
Materi Ajar
·
Proses katabolisme lemak
·
Proses katabolisme protein
·
Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan
karbohidrat
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 13 (2 × 45 menit)
A.
Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menjelaskan bahwa dalam sel tidak hanya karbohidrat
yang bisa menjadi bahan katabolisme untuk memperoleh energi, tetapi lemak dan
protein juga.
B.
Kegiatan inti (60 menit)
·
Dengan menggunakan Gambar 2.29, siswa bersama guru
menjelaskan hubungan antara katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbandingan jumlah
energi pada katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak
C.
Kegiatan akhir (20 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan proses
katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
·
Siswa bersama guru menyimpulkan perbandingan jumlah
energi yang dihasilkan pada metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein
V. Alat/ Bahan/
Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa 1IIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 14, 15, dan 16
Alokasi
Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami
penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada
saling temas
Kompetensi Dasar : 3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
Tujuan : Siswa mampu membedakan dan menjelaskan
tentang gen, DNA, dan kromosom
=======================================================================
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom, gen, dan DNA
·
Mendeskripsikan struktur DNA
·
Mendeskripsikan proses replikasi DNA
·
Mendeskripsikan struktur RNA
·
Membedakan DNA dan RNA
II.
Materi Ajar
·
Struktur sel dan
kromosom
·
Hubungan kromosom, gen, dan DNA
·
Struktur DNA
·
Replikasi DNA
III.
Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 14 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru mengidentifikasi pemahaman siswa tentang gen (sifat
yang dapat diturunkan) dengan memberi pertanyaan-pertanyaan untuk diskusi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Dengan diberikan gambar sel, siswa diminta untuk
mengidentifikasi bagian sel yang membawa sifat gen.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi
kromosom sebagai tempat gen tersimpan.
·
Guru memberikan gambar kariotipe manusia siswa memotong-motong
gambar tersebut dan mengurutkan berdasarkan ukurannnya dengan menggunakan Kegiatan
3.1.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan hubungan antara
kromosom, gen, dan DNA.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan simbol gen dan alel.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara kromosom,
gen, dan DNA.
Pertemuan 15 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menjelaskan bahwa gen tersusun atas molekul DNA.
·
Guru menjelaskan beberapa hasil penelitian tentang DNA
(misalnya aturan Chargaf dan foto sinar X
molekul DNA).
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru bersama siswa mendiskusikan komponen penyusun
molekul DNA (Deoksiribosa, basa nitrogen, dan gugus fosfat).
·
Siswa bersama guru mendiskusikan arti penting temuan
chargaf dan foto sinar X DNA bagi
penemuan struktur tiga dimensi DNA oleh
Watson dan Crick.
·
Dengan menggunakan Gambar 3.11 dan 3.13 atau model DNA,
siswa bersama guru mendiskusikan struktur tiga dimensi DNA menurut Watson dan
Crick.
·
Dengan menggunakan Gambar 3.14, siswa mendikusikan
berbagai hipotesis replikasi DNA dan menentukan yang paling benar.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan struktur DNA dan proses
Replikasi DNA
Pertemuan 16 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal
·
Guru menanyakan kembali struktur DNA sebagai substansi
genetika.
·
Guru menjelaskan bahwa selain DNA sebagai substansi
genetika DNA juga berkaitan dengan molekul RNA.
B. Kegiatan inti
·
Siswa bersama mendiskusikan struktur RNA.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan DNA dan RNA.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai jenis RNA dan
fungsinya.
C. Kegiatan akhir
·
Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi RNA.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI.
Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 17
Alokasi
Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami
penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada
saling temas
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis
protein
Tujuan : Siswa
mampu menjelaskan hubungan antara gen, DNA, RNA, polipeptida, dan proses
sintesis protein
======================================================================
I.
Indikator
·
Menjelaskan kode genetik (Kodon)
·
Mendeskripsikan proses sintesis protein
II. Materi Ajar
·
Kode genetik
·
Sintesis protein
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
I7 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru menanyakan kembali struktur DNA dan RNA.
·
Guru menanyakan kembali macam basa nitrogen yang terdapat
dalam DNA dan RNA.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Guru menjelaskan hubungan antara sifat genotip dengan
sifat fenotip.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan sistem pengaturan kode
genetik (Kodon).
·
Dengan menggunkan Gambar 3.21, 3.22, dan 3.23, siswa
mendiskusikan proses sintesis protein.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan hubungan antara DNA, RNA,
kode genetik, dan sintesis protein.
V.
Alat / Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 18, 19, dan 20
Alokasi
Waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami
penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada
saling temas
Kompetensi Dasar : 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis
dan meiosis dengan pewarisan sifat
Tujuan : 1.
Siswa
mampu membedakan dan menjelaskan proses pembelahan mitosis dan meiosis, serta
keterkaitannya dengan pewarisan sifat
2.
Siswa mampu menjelaskan proses gonetogenesis
=======================================================================
I.
Indikator
·
Menggambar siklus sel
·
Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis
berdasarkan foto sel yang sedang membelah
·
Mengamati pembelahan sel
·
Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis
·
Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis
II.
Materi Ajar
·
Siklus sel
·
Mitosis
·
Meiosis
·
Gemetogenesis
III.
Metode pembelajaran
Pengamatan-Diskusi
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 18 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru mengingatkan kembali adanya gejala pertumbuhan.
·
Guru menayakan kepada siswa hubungan antara pertumbuhan
dan pembelahan sel.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan pembelahan amitosis,
mitosis, dan meiosis dilihat dari aspek proses dan hasilnya.
·
Siswa mendiskusikan proses dan contoh pembelahan amitosis.
·
Dengan menggunakan Gambar 4.3, siswa bersama guru
mendiskusikan sikuls sel (tahap G1, S, G2, dan fase mitotik).
·
Dengan menggunakan Gambar 4.4, siswa bersama guru
mendiskusikan profase, metafase, anafase, dan telofase pada pembelahan mitosis.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian pembelahan
sel, siklus sel, dan fase-fase pembelahan mitosis.
Pertemuan 19 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali tahap-tahap pada pembelahan
mitosis.
·
Guru meminta siswa untuk melakukan pengamatan pembelahan
sel dengan Kegiatan 4.1 (apabila tidak memungkinkan pengamatan dapat dilakukan
dengan pengmatan preparat awetan atau foto mikroskopis).
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
·
Siswa melakukan pengamatan dengan menggunakan mikroskop.
·
Siswa menentukan fase pembelahan sel pada sel-sel yang
teramati.
·
Siswa menggambar hasil pengamatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa menyimpulkan hasil pengamatan dengan menjawab
pertanyaan diskusi dari Kegiatan 4.1.
·
Siswa mengumpulkan hasil kegiatan.
Pertemuan 20 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (20 menit)
·
Guru menanyakan perbedaan pembelahan mitosis dan meiosis
dilihat dari proses dan hasilnya.
·
Guru menjelaskan adanya perbedaan yang mendasar antara
tahap metafase mitosis dengan metafase meiosis I dan anafase mitosis dan anafase
meiosis I.
·
Guru menjelaskan bahwa pada meiosis I proses pembelahannya
sama dengan mitosis.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Guru menugaskan kepada siswa untuk menjelaskan tahap-tahap
pembelahan meiosis jika diketahui jumlah kromosomnya.
·
Siswa mengidentifikasi hasil dari pembelahan meiosis
dilihat dari jumlah sel anakan dan sifat kromosomnya.
·
Guru menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan
mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis yang
terjadi pada pembentukan gamet (gametogenesis pada hewan).
·
Siswa bersama guru mendiskusikan proses meiosis pada
gametogenesis tumbuhan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan tahap-tahap meiosis.
·
Siswa bersama guru menyimpulkan proses gametogenesis dan
hasilnya.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis
VI.
Penilaian
·
Laporan hasil pengamatan
·
Uji kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 21, 22, 23, dan 24
Alokasi
Waktu : 8 × 45 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami penerapan konsep dasar dan
prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Tujuan : Siswa
memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
======================================================================
I.
Indikator
·
Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
·
Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan
dihibrid
·
Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
·
Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia
II.
Materi Ajar
·
Hukum Mendel
·
Pola-pola hereditas
·
Genetika manusia
III.
Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi
IV.
Langkah-langkah
pembelajaran
Pertemuan 21 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
·
Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan
menggunakan kacang kapri.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I
(hukum segregasi).
·
Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan
gamet.
·
Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa
kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri
·
Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II
( Law of Independent Assortment).
·
Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
·
Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa
beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan
implementasinya pada pewarisan sifat.
Pertemuan 22 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
·
Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan
model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil
seperangkat kancing genetika.
·
Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan
model perkawinan monohibrid dengan
menggunakan Kegiatan 5.1.
·
Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II
dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan
guru.
·
Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan
perbandingan.
·
Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil
teoritik menurut hukum Mendel.
·
Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok,
kemudian menghitung hasil kelas.
·
Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan
hasil kelas.
·
Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.
Pertemuan 23 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip
keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
·
Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan
pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
·
Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah
menyimpang dari hukum Mendel.
B. Kegiatan inti (75 menit)
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet
(dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbendingan yang
dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan,
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda,
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal,
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme,
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri,
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri,
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis
dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer,
lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah
silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·
Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung
perbandingan fenotip pada F2.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan
yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan
penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan
berbagai pola penurunan sifat.
Pertemuan 24 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
·
Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum
Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari
genetika pada manusia.
·
Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah
untuk mempelajari genetika manusia.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem
ABO, MN, dan Rh.
·
Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan
darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
·
Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
·
Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit
genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan
keturunan pada tumbuhan dan hewan.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan
keturunan pada manusia.
C. Kegiatan akhir (5 menit)
·
Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika
pada manusia.
·
Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan
5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku
kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI.
Penilaian
· Laporan
hasil kegiatan
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan : 25 dan 26
Alokasi
Waktu : 4 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami
penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada
salingtemas
Kompetensi Dasar : 3.4 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Tujuan : Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi
======================================================================
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan pengertian mutasi
·
Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
·
Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
·
Mengubungkan mutasi dan evolusi
II. Materi Ajar
·
Pengertian mutasi
·
Macam-macam mutasi:
1. Mutasi gen
2. Mutasi kromosom
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-
Penugasan-Simulasi model
IV. Langkah-Langkah pembelajaran
Pertemuan
25 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat
diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi
seandainya susunan gen mengalami perubahan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik
alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·
Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan
gejala-gejala yang dapat ditemukan.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya
mutasi.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi
berdasarkan tempat terjadinya.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat
gen dan tingkat kromosom.
·
Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama
mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
·
Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka
dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok.
·
Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
·
Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi,
macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.
Pertemuan
26 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (5 menit)
·
Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi
dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
·
Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.
B. Kegiatan inti (75 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi
pada mutasi kromosom.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang
terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi
pembentukan spesies baru dan evolusi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi
kromosom dan dampaknya.
·
Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi
proses evolusi.
·
Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan
6.3 atau diskusi Salingtemas.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku
kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Ujian
kompetensi tertulis
· Tugas
kertas kerja
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 27
Alokasi
Waktu : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami
teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
Tujuan : Siswa
memahami teori, prinsip, dan kemanisme evolusi
======================================================================
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan berbagai pemikiran tentang asal usul
kehidupan
·
Mendeskripsikan teori evolusi menurut Darwin
II. Materi Ajar
·
Hipotesis asal usul kehidupan
·
Teori evolusi Darwin
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
27 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menunjukkan adanya keanekaragaman yang ada di alam
sekitar dan menanyakan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
·
Siswa mencoba mengidentifikasi asal-usul keanekaragaman
makhluk hidup.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan abiogenesis
sebagai asal-usul kehidupan.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan pandangan biogensis yang
menyanggah pandangan biogenesis untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
·
Guru menjelaskan bahwa teori biogenesis benar, tetapi
belum dapat menjelaskan mekanisme terbentuknya asal usul kehidupan dan mekansime
terbentuknya keanekaragaman.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa pandangan
evolusi Pra-Darwin.
·
Siswa mendiskusikan mekanisme evolusi menurut Darwin.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang
asal-usul kehidupan.
·
Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku
kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 28 dan 29
Alokasi
Waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami
teori evolusi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 4.2 Mengkomunikaskan
hasil studi evolusi biologi
Tujuan : Siswa mampu mengkomunikasikan hasil studi evolusi
===================================================================
I.
Indikator
·
Menujukkkan bukti-bukti evolusi
·
Mendeskripsikan ekperimen yang mendasari munculnya teori
evolusi biologi dan kimia
·
Menerapkan hukum Handy-Weinberg
II.
Materi Ajar
·
Bukti-bukti yang mendukung evolusi Darwin
·
Teori evolusi biologi dan kimia
·
Hukum Hardi-Weinberg
III.
Metode pembelajaran
Diskusi
-Penugasan
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
28 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menjelaskan bahwa teori evolusi. Walaupun dianggap benar, tetapi tidak dapat
dibuktikan dengan eksperimen, tetapi hanya dapat dibuktikan dengan fakta-fakta
yang mendukung teori tersebut.
·
Guru menanyakan mengapa hal tersebut dapat terjadi?
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta langsung yang
mendukung teori evolusi, misalnya adanya
variasi, adanya fosil.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan beberapa fakta tidak langsung
yang mendukung evolusi misalnya biogeografi, palaentologi, homologi organ,
struktur DNA, homologi embrio.
·
Guru menjelaskan bahwa apabila evolusi terjadi, maka di alam
akan terjadi proses spesiasi.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan terjadinya mekanisme
proses spesiasi di alam misalnya isolasi geografis dan isolasi reproduksi.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa menyimpulkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa
evolusi terjadi.
Pertemuan
29 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menjelaskan bahwa evolusi tidak terjadi secara
invidual tetapi terjadi dalam populasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa bersama guru menjelaskan hukum Hardy-Weinberg untuk
menjelaskan mekanisme evolusi dalam populasi.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan evolusi kimia dan
evolusi biologi untuk menjelaskan asal-usul kehidupan.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa menyimpulkan hukum Hardy-Weinberg.
·
Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi kimia dan biologi.
(Catatan: Apabila tersedia siswa
dapat diajak menonton VCD prokontra
evolusi Harun Yahya).
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku
kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI.
Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 30
Alokasi
Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami teori evolusi serta implikasinya pada
salingtemas
Kompetensi Dasar : 4.3 Menjelaskan kecenderungan baru tentang teori evolusi
Tujuan : Siswa memahami tentang kecenderungan baru teori evolusi
====================================================================
I.
Indikator
·
Mendeskripsikan peranan mutasi bagi proses evolusi
·
Menjelaskan teori evolusi netral
II. Materi Ajar
·
Mutasi DNA dan dampaknya
·
Teori evolusi netral
·
Beberapa pandangan baru tentang teori evolusi
III. Metode Pembelajaran
Diskusi
-Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
30 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru menjelaskan salah satu faktor yang berpengaruh dalam
mekanisme evolusi adalah adanya mutasi.
B. Kegiatan inti (70 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan pengaruh mutasi pada
mekanisme seleksi alam menurut teori darwin.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan teori evolusi netral.
·
Guru meminta siswa untuk mengumpulkan informasi dari
berbagai pandangan baru tentang teori evolusi dengan memilih salah satu bagian
dari Tabel 7.2.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
·
Siswa menyimpulkan perkembangan pandangan tentang
asal-usul kehidupan.
·
Siswa menyimpulkan mekanisme evolusi menurut Darwin.
V. Alat/ Bahan/ Sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku
kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
·
Berbagai sumber informasi tentang evolusi (buku teks,
internet, majalah dll)
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 31, 32, 33
Alokasi
Waktu : 6 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami
prinsip-prinsip dasar boteknologi serta
implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 5.1 Menjelaskan arti,
prinsip, dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
Tujuan : Siswa memahami arti, prinsip, dasar, dan
jenis-jenis bioteknologi
=======================================================================
I.
Indikator
·
Menjelaskan pengertian bioteknologi
·
Membedakan bioteknologi tradisional dan modern
·
Menjelaskan prinsip rekayasa genetika dan hasilnya
·
Membuat produk bioteknologi tradisional
·
Mengekstraksi DNA
II. Materi Ajar
·
Pengertian bioteknologi
·
Perbedaan bioteknologi tradisional dan modern
·
Rekayasa genetika
III. Metode
pembelajaran
Diskusi-Eksperimen
IV. Langkah-langkah
pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru menunjukkan beberapa produk bioteknologi yang dekat dengan
siswa dan menanyakan proses produksi yang dilakukan.
· Siswa bersama guru mendiskusikan pengertian bioteknologi
B. Kegiatan awal (70 menit)
·
Siswa dan guru
mendiskusikan keterkaitan ilmu-ilmu lain dengan perkembangan bioteknologi.
·
Guru menjelaskan perkembangan rekayasa dan peranannya
bagi perkembangan bioteknologi.
·
Siswa bersama guru mendiskusikan pengelompokan
bioteknologi tradisional dan modern dan contoh-contoh aplikasinya dalam
kehidupan sehari-hari.
C. Kegiatan inti (10 menit)
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian bioteknologi
dan dasar pengelompokkan bioteknologi tradisional dan modern.
·
Guru membentuk kelompok dan menugaskan untuk
mempersiapkan pembuatan yogurt dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
Pertemuan 32 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Guru meminta siswa untuk mempersiapkan pembuatan yogurt
dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B. Kegiatan inti (50 menit)
·
Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
termasuk bibit yang sudah dibuat.
·
Siswa melakukan kegiatan pembuatan yogurt.
·
Guru mengatur waktu pengamatan hasil kegiatan.
C. Kegiatan akhir (30 menit)
·
Siswa menyimpan yogurt yang sedang diinkubasi di tempat
yang sudah ditentukan.
·
Siswa membersihkan tempat dan alat bahan yang digunakan.
·
Guru meminta siswa mengamati hasil dan membuat laporan.
Pertemuan 33 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
· Guru meminta siswa mempersiapkan Kegiatan 8.2. Ekstraksi DNA.
· Siswa mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
B. Kegiatan inti (70 menit)
· Siswa
melakukan eksperimen untuk mengekstraksi DNA sesuai dengan prosedur yang
terdapat dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa mengamati hasil eksperimen.
· Siswa mendiskusikan pertanyaan dalam Kegiatan 8.2.
· Siswa menyusun laporan hasil eksperimen.
C. Kegiatan akhir (10 menit)
· Siswa membersihkan tempat dan alat yang digunakan.
· Siswa mengumpulkan laporan hasil.
V. Alat/bahan/sumber
·
Buku Biologi kelas
XII, Dyah aryulina, Esis
·
Buku
kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
· Uji
kompetensi tertulis
· Laporan
hasil kegiatan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : XII (Duabelas)/ 2
Pertemuan : 34
Alokasi
Waktu : 2 × 45 Menit
Standar Kompetensi : 5. Memahami
prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan dan
menganalisis peran bioteknologi serta implikasi hasil-hasil bioteknologi pada
Salingtemas
Tujuan : Siswa mempu menjelaskan peran dan
hasil-hasil bioteknologi
=======================================================================
I. Indikator
·
Mengumpulkan informasi berbagai produk rekayasa genetika
dan dampaknya
·
Membuat cerita imajinasi tentang rekayasa genetika
II. Materi Ajar
·
Tanaman transgenik dan dampaknya
III. Metode Pembelajaran
Diskusi-Penugasan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 31 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (15 menit)
· Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok.
· Guru meminta siswa mempelajari kasus transgenik pada Salingtemas.
B. Kegiatan iinti (60 menit)
·
Siswa membaca dan
berdiskusi untuk menjawab pertanyaan diskusi Salingtemas dalam kelompok.
·
Siswa merumuskan hasil diskusi dan menuliskannya dalam
laporan hasil diskusi.
·
Siswa mengumpulkan diskusi.
C. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang
tanaman transgenik.
·
Guru menugaskan siswa untuk membuat cerita fiksi ilmiah
dengan Kegiatan 8.4 sebagai tugas di rumah.
V. Alat/ Bahan/
Sumber
· Buku Biologi kelas XII, Dyah Aryulina, Esis
·
Buku
kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis
VI. Penilaian
·
Laporan diskusi Salingtemas
·
Tugas fiksi ilmiah
Title : RPP Pertumbuhan dan perkembangan
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1 Pert...
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : XII (Duabelas)/ 1 Pert...
0 Response to "RPP Pertumbuhan dan perkembangan"
Post a Comment
Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda