RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : Biologi
Pelajaran : Biologi
Kelas/
Semester : X(Sepuluh)/ 1
Semester : X(Sepuluh)/ 1
Pertemuan : 1
Alokasi
Waktu : 2 × 45 menit
Waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : 1. Mengidentifikasi sel
dan jaringan makhluk hidup
dan jaringan makhluk hidup
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi sel hewan dan sel tumbuhan
Tujuan : 1. Siswa mampu membandingkan
penampakan sel dan bagian-bagiannya
penampakan sel dan bagian-bagiannya
2. Siswa mampu Membandingkan bagian fungsi system embrane dan organela sel hewan
dan sel tumbuhan.
dan sel tumbuhan.
======================================================================
I.
Indikator
Indikator
·
Dibandingkan hasil penampakan
sel dan bagian-bagianya berdasarkan pengamatan di bawah mikroskop cahaya dengan
gambar/foto pada literature.
Dibandingkan hasil penampakan
sel dan bagian-bagianya berdasarkan pengamatan di bawah mikroskop cahaya dengan
gambar/foto pada literature.
·
Dideskripsikan dan
menginterpretasi gambar atau foto sel hewan dan tumbuhan tertentu seperti yang
terlihat pada mikroskop, me-ngenali membrane plasma dan organela: reticulum
endoplasma, badan golgi, mitokondri, ribosom, lisosom, khloroplas, dan
nucleolus.
Dideskripsikan dan
menginterpretasi gambar atau foto sel hewan dan tumbuhan tertentu seperti yang
terlihat pada mikroskop, me-ngenali membrane plasma dan organela: reticulum
endoplasma, badan golgi, mitokondri, ribosom, lisosom, khloroplas, dan
nucleolus.
·
Dibandingkan bagian fungsi
system membrane dan organela sel hewan dan sel tumbuhan.
Dibandingkan bagian fungsi
system membrane dan organela sel hewan dan sel tumbuhan.
II.
Materi Ajar
Materi Ajar
·
Struktur sel pada tumbuhan.
Struktur sel pada tumbuhan.
·
Struktur sel pada hewan.
Struktur sel pada hewan.
·
Fungsi organel dalam sel
tumbuhan dan sel hewan.
Fungsi organel dalam sel
tumbuhan dan sel hewan.
III. Metode Pembelajaran
Pengamatan – Diskusi – Ceramah
IV.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 × 45 menit)
A. Kegiatan awal (10 menit)
·
Motivasi
dan apersepsi
Motivasi
dan apersepsi
·
Siswa bersama guru merumuskan pengertian sel.
Siswa bersama guru merumuskan pengertian sel.
B. Kegiatan inti (60 menit)
·
Guru membagi siswa kedalam 2 kelompok
Guru membagi siswa kedalam 2 kelompok
·
Siswa melakukan pengamatan sel
hewan (Mukosa pipi) dan sel tumbuhan (Sel
Allium cepa) dengan mengunakan mikroskop perbesaran lemah dan kuat.
Siswa melakukan pengamatan sel
hewan (Mukosa pipi) dan sel tumbuhan (Sel
Allium cepa) dengan mengunakan mikroskop perbesaran lemah dan kuat.
·
Siswa membandingkan organel sel
hewan sel tumbuhan yang tampak di mikroskop dengan yang ada pada gambar literatur.
Siswa membandingkan organel sel
hewan sel tumbuhan yang tampak di mikroskop dengan yang ada pada gambar literatur.
·
Siswa menjelaskan bagan system
membrane dan organela pada sel hewan dan sel tumbuhan serta fungsinya
masing-masing organela.
Siswa menjelaskan bagan system
membrane dan organela pada sel hewan dan sel tumbuhan serta fungsinya
masing-masing organela.
·
Guru menyempurnakan jawaban
dari siswa
Guru menyempurnakan jawaban
dari siswa
C. Kegiatan akhir (20 menit)
·
Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep tentang sel,
perbedaan mendasar sel hewan dan tumbuhan, serta fungsi dari masing – masing
organel sel
Guru menanyakan kembali kepada siswa konsep tentang sel,
perbedaan mendasar sel hewan dan tumbuhan, serta fungsi dari masing – masing
organel sel
·
Guru memberi tugas tentang materi selanjutnya
Guru memberi tugas tentang materi selanjutnya
V.
Alat/ Bahan/ Sumber
Alat/ Bahan/ Sumber
· Buku Biologi Pertanian Jilid 1
· Alat
bantu presentasi
bantu presentasi
VI.
Penilaian
Penilaian
·
Laporan praktik bentuk sel hewan
dan sel tumbuhan
Laporan praktik bentuk sel hewan
dan sel tumbuhan
·
Laporan fungsi organela yang
ada dalam sel hewan.
Laporan fungsi organela yang
ada dalam sel hewan.
Title : RPP sel dan jaringan makhluk hidup
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : X( Sepuluh )/ 1 Pertem...
Description : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran : Biologi Kelas/ Semester : X( Sepuluh )/ 1 Pertem...
0 Response to "RPP sel dan jaringan makhluk hidup"
Post a Comment
Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda