Materi Urine




Urine telah banyak di sebut sebagai  suatu zat yang berbentuk cairan yang merupakan  hasil dari pembuangan tubuh  manusia yang sudah di tidak butuhkan lagi. Definisi ini mengandung arti bahwa urine adalah merupakan hasil dari sisa rangkaian  metabolisme tubuh .



 

Sistema  urinari terdiri atas:
Ginjal, Yang mengeluarkan sekret urine,
Ureter, yang menyalurkan urine dari ginjal ke kandung kemih,
Kandung kencing, Yang bekerja sebagai penampung,dan
Uretra, yang mengeluarkan urine dari kandung kencing.

Ginjal terletak pada dinding pasterior abdomen, terutama di daerah lumbal, di sebelah kanan dan kiri tulang belakang, di bungkus lapisan lemak yang tebal, di belakang peritoneum, dan  karena itu di luar rongga peritoneum.
Kedudukan ginjal dapat di perkirakan dari belakang, mulai dari ketinggian vertebrata torakalis terakhir sampai vertebrata lumbalis ketiga. Ginjal kanan sedikit lebih rendah dari kiri, karena hati menduduki ruang banyak di sebelah kanan. Setiap ginjal pajangnya 6 sampai 7  sentimeter dan tebal 1 sampai 2  sentimeter pada orang dewasa beratnya kira kira 140 gram.
Bentuk ginjal seeprti kacang dan sisi dalamnya atau hilum menghadap ketulang punggung  sisi luarnya cembung. Pembuluh-pembuluh ginjal semuanya masuk dan keluar pada hilum. Di atas setiap ginjal  menjulang sebuah suprarenal. Ginjal kanan lebih pendek dan lebih tebal dari yang kiri.
Struktur ginjal. Setiap ginjal dilingkupi kapsul tipis dari jaringan fibrus yang rapat membungkusnya, dan membentuk pembungkus yang halus. Di dalamnya terdapat struktur-struktur ginjal. Warna ungu tua dan terdiri atas  bagian kortex di sebelah  luar, dan bagian medula di sebelah dalam. Bagian bagian medula ini tersusun atas lima belas massa berbentuk piramid, yang di sebut “piramis ginjal”. Puncak-puncaknya langsung mengarah kehilum dan berakhir ke kalises. Kalises ini menghubungkannya dengan pelvis ginjal.
Fungsi ginjal ialah pengaturan keseimbangan air; pengaturan konsentrasi garam,dalam darah dan keseimbangan asam basa darah ; dan eksekresi bahan buangan dan kebihan garam.
Sekresi urine dan mekanisme fungsi ginjal. Grromerulus adalah saringan. Setiap menit  menit kira kira 1 liter darah yang mengandung 500 ccm plasma , mengalir melalui semua glomeruli dan sekitar 100 ccm (10%) dari itu di saring keluar. Plasma yang berisi semua garam, glukosa an benda halus lainnya, disaring. Sel dan protein terlalubesar untuk dapat menembusi pori pori saringan dan tetap tinggal dalam aliran darah.
Cairan yang disaring, yaitu filstrat glomurulus kemudian mengalir melalui tubula renalis dan sel-selnya semunya menyerap bahan yang di perlukan tubah dan di tinggalkan yang tidak di butuhkan. Dengan mengubah-ubah jumlah yang di serap atau di tinggalkan dalam tubula, maka sel dapat mengatur susunan  urine di satu sisi dan susunan darah  di sisi sebaliknya. Dalam keadaan normal semua glukosa diabsorpsi kembali, air sebagian besar di keluarkan. Dalam keadaan tertentu tubula menambah bahan pada urine.
Dengan demikian sekresi terdiri atas tiga faktor:
Filtrasi glomurulus,
Reabsorpsi tubula,
Sekresi tubula.
Kalau kita bandingkan  jumlah yang di saring oleh glomurulus setiap hari dengan jumlah yang biasanya di keluarkan ke dalam urine maka  dapat dilihat besar daya selektis  sel tubula
                                      Di saring                        Dikeluarkan
Air                                150 liter                          1  liter
Garam                          700 gram                         15 gram
Glukosa                        170 gram                         0 gram
Urea                              50 gram                          30 gram

Kini filtratnya telah mencapai pelvis ginjal dan ureter sebagai urine.
Berat jenis urine tergantung dari jumlah zat yang larut di dalam urine atau terbawa dalam urine. Berat jenis plasma (tanpa protein) adalah 1010. Bila ginjal mengencer urine,(misalnya sesudah minum air) mak  berat jenisnya berkurang dari 1010. Bila ginjal memekatkan (sebagaimana fungsinya)  maka berat jenis urine naik diatas 1010. Daya pemekatan ginjal diukur menurut berat jenis tertiggi yang dapat dihasilkan, yang seharusnya dapat lebih dari 1010
Urine jika  dilihat dari segi terapi pengobatan alternatif,  memiliki manfaat dan  khasiat yang dapat di gunakan untuk proses penyembuhan .
Untuk mendapatkan  pengertian yang lebih baik mengenai manfaat urine bagi kesehatan, maka penulis mengemukakan beberapa definisi dari para pakar  ahli :
Dr Alexander N Glazer dan Dr Stocker (2001:45)  mengemukakan bahwa “Bahan celup penguning dari urine  bertanggung jawab  terhadap penyakit kuning”.
Dr Sulaiman  (1695 ) di sebutkan bahwa : “urine adalah bagian  berair dari darah (yang secara absolut benar). Ia juga mencegah pembusukan dan pelapukan. Dengan meminum urine  penyakit dari  ginjal, liver dan air empedu , dropsy  (penyakit dengan banyak berkumpul di bagian tubuh tertentu, misalnya kaki), sakit kuning dan demam beracun lain di sembuhkan. Ia memyembuhkan luka yang di sebabkan oleh bahkan senjata beracun, ia membuka  semua kendala rein mysentery (jalur uriner)”.
Dr  T Wilson ,PhD, MD (2001:67) menguraikan bahwa: “Karena kandungan urine yang bervariatif sesuai dengan keadaan patologis dari pasien, pengunaanya bisa dalam  semua bentuk penyakit, kecuali yang di sebabkan oleh trumatisme atau yang sifatnya mekanisme”.
Manfaat urine  menurut  sebuah buku yang berjudul Salmon English phsician, yang dikutip oleh John W Amstrong  adalah sebagai berikut :
“Urine di hasilkan oleh manusia dan kebanyakan  hewan berkaki empat, tetapi urine manusialah yang terutama  di gunakan dalam fisika dan kimia. Urine merupakan serum dan sebagian yang cair dari darah  yang di bawa oleh arteri  ke ginjal dimana urine itu terpisah, dan oleh proses fermentasi  di ubah menjadi urine”   
Berdasarkan tinjauan teori mengenai manfaat urine di atas, di dapat suatu kesimpulan bahwa  urine  adalah suatu  media pendorong dan penyembuh  yang sama sekali tidak merugikan bagi tubuh manusia. Dalam pencapaian tujuan proses penyembuhan,  urine dengan segala kelebihannya dan keterbatasan memberikan segala kemudahan  serta kepuasan bagi masyarakat.



Title : Materi Urine
Description : Urine telah banyak di sebut sebagai   suatu zat yang berbentuk cairan yang merupakan   hasil dari pembuangan tubuh   manusia yang su...

0 Response to "Materi Urine"

Post a Comment

Panduan berkomentar :
1. Berkomentarlah sesuai topik artikel
2. Dilarang komentar SPAM
3. Check list notify me untuk mendapat pemberitahuan balasan komentar anda

berlangganan artikel via email